November 5

0 comments

TEKNIK CASH OPNAME YANG TEPAT UNTUK MENCEGAH FRAUD

Cash Opname adalah perhitungan fisik kas (uang) yang dimiliki oleh klien, kemudian auditor menggolongkan kas yang dimiliki klien berdasarkan nilai nominalnya, dan terakhir auditor menghitung besarnya kas yang dimiliki klien.

Cash Opname memiliki arti lain pemeriksaan kas secara fisik dan membandingkan jumlah antara catatan akuntansi kan (mutasi kas) dengan uang kas yang dipegang ini baik itu uang yang ada di brangkas maupun di tangan. Pemeriksaan kas secara fisik tidak terbatas pada uang kertas dan logam saja, giro, wesel, cek juga wajib di audit.

Selain itu, pengujian fisik juga dapat digunakan auditor untuk mengujipenilaian (valuation) karena kuantitas terlibat secara langsung dalam penentuan nilaisebagian besar aktiva. Contoh dari hal ini adalah dengan melakukuan perhitunganfisik persediaan yang dimiliki oleh klien, auditor juga dapat menentukan nilai daripersediaan yang dimiliki klien. Melalui pengujian fisik, auditor juga kadang-kadangdapat memperoleh bukti mengenai mutu atau kondisi, dan dalam hal ini tentu jugaakan mempengaruhi penilaian.

Pengujian fisik juga dapat digunakan auditor untuk menguji asersi mengenaikelengkapan (completeness). Dengan pengujian fisik auditor bisa menemukan item-item yang seharusnya tersaji tetapi dihilangkan klien dari laporan keuangan. Melalui pengujian fisik, asersi mengenai hak dan kewajiban (rights and obligations)jugadapat diuji oleh auditor, tetapi hanya untuk mendukung kepemilikan aktiva.

Ini berkaitan dengan kas kecil & harus dilakukan tepat pada tanggal neraca. Jika terdapat perbedaan / selisih antara saldo dibuku besar dengan saldo fisik, maka selisihnya  harus dikonfirmasi dan dimasukkan kedalam kertas kerja pemeriksaan.

Cash opname dan Stock opname pada intinya adalah sama. Yaitu melakukan pemeriksaan fisik untuk mengecek kebenaran antara laporan akuntansi dengan realitasnya. Prosedur stock opname juga kurang lebih sama saja.

Jika stock opname yang di cek adalah stock persediaan barangnya. Dan jika cash opname adalah uangnya.

Bukti audit yang diperoleh dari pengujian fisik untuk menguji asersikeberadaan sangat tinggi. Akan tetapi, bukti audit yang diperoleh auditor dari pengujian fisik juga dapat menyesatkan jika auditor tidak memiliki keahlian ataukurang hati-hati dalam melakukan pengujian fisik. Dengan demikian, pengujian fisik harus dilakukan dengan hati-hati.

Lalu bagaimana cara untuk melakukan cash opname? Untuk melakukan cash opname tidak hanya sekedar menghitung uang, tetapi ada teknik khusus. Mau tau bagaimana caranya? Perhatikan di dalam video yang kami buat untuk menjelaskan bagaimana cara melakukan cash opname dengan benar.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Rahasia Sukses Buka Ratusan Cabang Ala Kopi Janji Jiwa

5 Kesalahan Utama Dalam Membangun Bisnis F&B

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube