Juni 29

0 comments

Cara Stock Opname Praktis Pada Bisnis Kuliner

Bagi para pebisnis atau pengelola restoran, cara stock opname tentu bukan istilah asing.

Walaupun sepertinya belum banyak yang mengerti apa manfaat dan tujuan dari stock opname.

Stock opname dilakukan tidak hanya untuk menjamin ketersediaan bahan baku. Ada beberapa manfaat lain yang bisa didapat.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat yang bisa didapat dari stock opname. Juga apa artinya.

Memahami Stok Opname

Stock opname adalah kegiatan menghitung stok bahan dan barang di gudang.

Barang dan bahan tersebut berupa produk untuk dijual kembali. Juga untuk bahan baku.

Dalam bisnis restoran, baik eceran maupun grosir, stock opname merupakan kegiatan yang penting.

Di antaranya untuk beberapa manfaat yang berbeda.

cara stock opname

Manfaat Stock Opname

Manfaat stok opname antara lain sebagai berikut:

1. Mencocokkan Jumlah Item dengan Data

Manfaat pertama melakukan inventarisasi adalah mencari data.

Di sebutkan bahwa data barang yang di simpan dalam pembukuan sesuai dengan jumlah yang ada di gudang.

2. Minimalkan Deviasi

Sama seperti manfaat pertama, melakukan stock opname tetap memperhatikan kondisi barang di gudang.

Sehingga pencatatan barang yang di simpan di gudang sesuai dengan yang tercatat.

Hal ini penting di lakukan agar tidak terjadi penyimpangan.

Misalnya ada pengeluaran barang dari gudang yang tidak tercatat di pembukuan.

3. Mempercepat Proses Pengambilan Keputusan Bisnis

Ketika situasi memaksa Anda untuk membuat keputusan bisnis, manajemen stok akan membantu dalam membuat keputusan.

Seperti jika Anda harus mengganti bahan baku untuk menu di sebuah restoran.

Mengetahui berapa banyak bahan baku yang Anda miliki akan membantu dalam membuat keputusan ini.

pasti tidak harus mengambil keputusan untuk mengganti bahan baku saat stok masih banyak; dll.

BACA JUGA:  BISNIS ONLINE : Menelusuri SOP Penjualan pada Platform Marketplace

4. Mengetahui Arus Masuk dan Arus Keluar Barang

Stock opname juga di perlukan untuk mengetahui arus masuk dan arus keluar barang.

Anda mungkin juga memerlukan beberapa aplikasi yang juga akan membantu memudahkan kontrol atas proses ini.

Apalagi aplikasi yang lengkap dan terintegrasi dengan Business Intelligence, membuat pengelolaan barang masuk dan keluar lebih mudah di kontrol.

5. Analisis Perkembangan Perusahaan

Perkembangan perusahaan dapat di analisa dari saham yang di miliki.

Semakin berkembang sebuah restoran, semakin banyak stok yang di milikinya.

Selain itu ketika perusahaan dalam keadaan manajemen yang baik.

Maka penyimpangan dari stok opname akan semakin di hindari.

Manajer restoran harus memahami bahwa stok opname bukan tentang berapa banyak persediaan yang ada di gudang.

Persiapan Stock Opname

  1. Siapkan data persediaan per lokasi (Gudang dry goods, chiller, freezer, lokasi dapur)
  2. Siapkan data saldo persediaan terupdate
  3. Siap kan timbangan digital
  4. Siapkan keranjang untuk menampung stok yang akan di hitung
  5. Siapkan gelas ukur untuk barang-barang cair. Ex: wine
  6. Siap kan team admin & team Gudang untuk proses perhitungan
  7. Siapkan master data bahan olahan beserta estimasi nilai persediaannya

Prosedur Stok Opname

  1. Sepakati periode cut off stok opname
  2. Pastikan setelah jam yang di sepakati, lalu lintas barang sudah berhenti
  3. Perhatikan perhitungan tiap jenis barang
  4. Setelah selesai di lakukan proses perhitungan, serahkan data ke bagian inventory control
  5. Selisih stok yang ada, akui sebagai HPP. Tips agar HPP lebih sesuai, catat pemakaian bahan yg di pakai untuk test food, makan karyawan dll

Perlakuan Perhitungan Tiap Jenis Barang

  1. Barang dry goods di Gudang. Hitung biasa sesuai satuan, pastikan barang Gudang masih utuh
  2. Barang-barang di chiller & freezer. Keluarkan semua dari chiller & freezer kemudian taruh keranjang dan di timbang. Untuk menghindari kesalahan hitung kalo di ambil satu per satu, kemudian bisa sekalian bersihkan chiller & freezer
  3. Barang cair. Keluarkan ke gelas ukur, terutama utk yg sudah terbuka sebagian
  4. Barang-barang olahan setengah jadi. Jadikan satu atas barang-barang olahan yg sejenis, kemudian hitung sesuai satuan, ada yg di timbang kalo kiloan, ada yg di hitung kalo satuan. Kemudian ini nanti di nilai berdasarkan master barang olahan yang telah di buat.
  5. Barang jadi yang di stock. Hitung biasa sesuai satuan & pastikan masih utuh dan dalam kondisi baik untuk di jual.
BACA JUGA:  Cara Mudah Untuk Menjalankan SOP Dengan Baik dan Benar

Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top