Juni 16

0 comments

Cara Mengelola Stok Barang di Pet Shop

pet shop adalah usaha yang menjual berbagai macam produk dan layanan untuk hewan peliharaan, seperti makanan, mainan, perlengkapan perawatan, dan kadang-kadang bahkan hewan peliharaan itu sendiri. Permasalahan yang sering terjadi di setiap bisnis salah satunya adalah pengelolaan stock yang masih kurang maksimal. Tidak jarang kadang pet shop dalam mengelola stocknya masih dilakukan dengan sederhana.

Dalam pencatatan stock dan pencatatan laporan serta memeriksa barang kadaluarsa masih menggunakan system konvensional, sehingga membutuhkan waktu lama pencatatan data dan memilih barang yang sudah kadaluarsa serta rentan terjadi hilangnya data dengan mudah. Dengan adanya permasalahan stock sedemikan rupa maka kami akan memberikan anda informasi tentang cara mengelola stock barang di Pet shop.

pet shop

Di lain sisi manfaat mengelola stock sendiri yaitu membantu menata logistic dan peralatan anda, menertibkan proses administrasi dalam bisnis, memudahkan akses dalam pengawasan dan pengendalian, meningkatkan pelayanan distribusi, dan menjaga kuantitas dan kualitas stok anda. Berikut cara mengelola stok barang terutama di bisnis pet shop.

1. Memiliki gudang penyimpanan yang cukup

Salah satu hal penting untuk mengelola stok anda yaitu adanya gudang yang cukup untuk penyimpanan. Meskipun bisnis yang anda Kelola masih dalam skala kecil, menyediakan tempat khusus untuk menyimpan barang bisa membantu proses pengelolaannya. Namun, apabila memang belum memadai anda bisa memanfaatkan rak gudang, etalase, atau memanfaatkan kardus untuk menyimpan stok. Dan tidak kalah penting yaitu letak dari stock anda dapat diketahui atau mudah di cari serta mudah untuk dihitung. 

2. Melakukan pembukuan stok

Mengelola stok barang dalam bisnis pet shop selanjutnya adalah dengan melakukan pencatatan persediaan produk. Pembukuan stok barang ini membantu mencatat keluar masuknya produk. Dalam hal ini, seorang pebisnis bisa menugaskan salah satu karyawan untuk melakukan pembukuan stok barang. Apabila produk dalam bisnis pet shop yang anda jalankan memiliki produk yang cukup banyak, sebaiknya memanfaatkan software computer untuk pembukuan stok barang. Dengan begitu akan memudahkan pengumpulan data stok dan menjadikan pekerjaan pembukuan stok menjadi lebih efektif dan efisien.

BACA JUGA:  Memahami Big 4 Auditor, Raksasa Jasa Akuntansi

3. Membuat perkiraan stok barang atau buffer stok untuk produk yang anda jual di pet shop anda.

Cara mengelola stok selanjutnya adalah membuat perkiraan atau nilai kuantitas stok yang anda simpan. Dengan cara menentukan nilai minimum stok dan maksimal stok yang ada digudang anda sehingga tidak mengalami kekurangan stok ataupun kelebihan stok yang mana akan menganggu keuangan anda. Untuk membuat buffer stok atau perkiraan stok anda perlu menghitung jumlah persediaan yang dibutuhkan pada setiap periodenya. Selain itu, Menyusun jadwal untuk menentukan waktu pembelian barang juga diperlukan. Dengan begitu, anda juga bisa menghitung budget yang dibutuhkan untuk persediaan barang pada setiap periode.

4. Membuat kode pada produk

Cara selanjutnya yaitu dengan memberikan kode pada setiap produk yang ada di pet shop anda. Tujuanya adalah untuk memudahkan anda dalam proses pembukuan stok barang. Biasanya hal ini sering kali dilupakan oleh para pebisnis, padahal dengan memberikan kode di setiap produk dapat menjadi pembeda antar produk yang anda jual. Apalagi jika anda memiliki produk yang sangat banyak tentunya bakal sulit banget untuk membedakannya. Umumnya kode yang diberikan kepada setiap produk dengan menggunakan batch number atau serial number sehingga sudah pasti berbeda kodenya.

5. Memisahkan stok lama dan baru

Selanjutnya stok barang juga bisa dipisahkan persediaan lama dan persediaan baru. Hal ini diperlukan agar persediaan barang tidak tercampur secara acak. Untuk itu sebaiknya dipisahkan stok barang lama dan baru agar memudahkan proses perhitungan hasil penjualan produk. Anda juga bisa mengeluarkan stok lama terlebih dahulu untuk meminimalkan stok kadaluarsa ataupun rusak.

6. Mengontrol stok barang restan atau tidak terjual

Cara mengelola stok selanjutnya adalah mengontrol stok barang restan atau tidak terjual. Karena jika barang-barang yang yang tidak terjual hanya disimpan di gudang saja, tentunya bisa menimbulkan kerugian. Maka dari itu, dibandingkan harus menyimpannya, sebaiknya barang restan dikeluarkan terlebih dahulu atau dipajang di etalase sehingga konsumen bisa langsung menemukannya dan Tingkat terjual barang tersebut lebih tinggi. Anda juga bisa memberikan diskon terhadap barang yang restan ini sehingga akan menarik konsumen untuk membeli barang tersebut.

BACA JUGA:  Mengenal Tarif Pajak PPH21 Beserta Cara Perhitungannya

7. Melakukan pencatatan secara rutin

Selanjutnya cara mengelola stok, anda bisa melakukan pencatatan secara rutin. Penting banget untuk mencatat persediaan barang, mulai dari Ketika barang masuk sampai barang tersebut keluar sehingga meminimalisir terjadinya barang yang hilang. Anda bisa menunjuk karyawan untuk melakukan pencatatan persediaan anda mulai dari masuk sampai keluar sehingga terlihat kapan barang itu masuk ataupun keluar.

8. Mengatur stok barang terjual

Cara selanjutnya dengan mengatur stok barang yang terjual melalui pencatatan ataupun anda bisa menggunakan software computer bahkan lebih baik lagi menggunakan software untuk pencatatan stok. Dengan menggunakan software keuangan atau software stok dapat membantu anda untuk control stok anda yang terjual.

9. Membuat stok Cadangan

Cara selanjutnya yaitu dengan membuat stok Cadangan. Pasalnya, anda pasti tidak mungkin akan menunggu stok anda habis terlebih dahulu untuk melakukan pembelian ulang, karena dapat menimbulkan kelangkaan. Untuk mencegah hal tersebut anda bisa mengaturnya dengan menyediakan stock barang Cadangan. Caranya dengan membatasi penjualan produk untuk dikunci stoknya dan sebagai barang Cadangan.

10. Quality control secara berkala

Selalu ingat untuk memeriksa kualitas stok anda. Ini dapat dilakukan dengan sesederhana meminta staf anda untuk melakukan pemeriksaan kualitas cepat selama audit stok untuk mencari tanda-tanda kerusakan. Selain itu, periksa produk anda apakah sudah diberi label secara benar untuk mencegah kesalahan yang terjadi selama pemantauan atau pelacakan stok.

11. Melakukan stok opname barang

Cara mengelola stok selanjutnya adalah melakukan stok opname untuk menyesuaikan data pada pembukuan anda dengan stok yang ada digudang. Walaupun telah menyediakan gudang untuk penyimpanan barang dan ada petugas yang menjaga, beberapa kesalahan bisa saja terjadi, seperti salah pencatatan, salah mengeluarkan barang, ataupun barang yang hilang dan kerusakan barang. Untuk mengatasi hal tersebut, melakukan stok opname menjadi Solusi yang tepat dan tidak boleh untuk dilewatkan. 

BACA JUGA:  Kerja 24 Jam Cuma Dapat Profit 1%, Kenapa Bisa?

12. Control stok barang dengan bantuan software.

Cara mengelola stok yang terakhir yang dapat anda terapkan di bisnis pet shop anda adalah dengan menggunakan software untuk membantu pencatatan stok anda supaya lebih akurat, efektif dan efisien. Dari pada anda melakukan pencatatan stok dengan manual atau pengecekan stok dengan manual Dimana untuk mengawasi setiap saat barang tersebut membutuhkan tenaga dan waktu. Anda bisa memanfaatkan software inventory untuk membantu mengatasi masalah di stok anda. Ada banyak software keuangan yang menawarkan fitur khusus untuk mengelola persediaan sehingga akan membantu anda untuk mengelolas stok yang lebih baik lagi. 

Itulah beberapa cara mengelola stok terutama untuk bisnis pet shop, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu para pebisnis pet shop untuk mengelolas stoknya jauh lebih baik lagi sehingga dapat meningkatkan profit dalam usaha anda.

Penulis: Siwa, Consultant of D’Consulting Group


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik