Juni 2

0 comments

Cara Menentukan Struktur Organisasi Yang Ideal Untuk Kontraktor

Struktur oraganisasi kontraktor – Struktur organisasi memegang peran penting bagi kelancaran aktivitas sebuah perusahaan, baik yang skala kecil maupun besar. Hal ini karena pengorganisasian akan menjadikan pekerjaan lebih efektif dan tidak terpusat dalam satu kendali. 

Fungsi dari struktur organisasi adalah memperjelas setiap fungsi dan hubungan antar bagian dalam sebuah perusahaan. Sehingga akan terlihat jelas siapa yang bertanggung jawab atas sebuah pekerjaan dalam satu bidang. 

Dalam sebuah perusahaan, biasanya struktur organisasi di gambarkan dalam sebuah bagan atau chart. Tujuannya adalah untuk mengatur posisi pekerjaan sekaligus pembentukan garis komunikasi dan wewenang.

Manajemen proyek konstruksi harus melalui suatu perencanaan seperti pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengontrolan dengan baik agar tujuan yang telah di tetapkan oleh suatu perusahaan bisa tercapai dengan efektif dan efisien.

Manajemen proyek tersebut perlu di beri wadah dalam dalam suatu organisasi tertentu. Oleh karenanya, berikut ini kami jelaskan mengenai susunan struktur organisasi proyek beserta jabatan-jabatan yang ada di dalamnya berikut dengan tugas dan tanggungjawabnya.

Pengelolaan sebuah organisasi termasuk ke dalam fungsi manajemen. Organisasi proyek sendiri merupakan alat untuk mencapai tujuan dengan mengatur dan mengorganisasi sumber daya, tenaga kerja, material, peralatan dan modal secara efektif dan efisien dengan menerapkan sistem manajemen sesuai kebutuhan proyek. Yang bertugas untuk menyusun struktur organisasi proyek ini adalah manajemen personalia. Adapun tujuan dan keuntungan dari pembentukan struktur organisasi proyek, antara lain:

  1. Identifikasi dan pembagian kegiatan:
  2. Pengelompokan penanggung jawab kegiatan:
  3. Penentuan wewenang dan tanggung jawab :
  4. Menyusun mekanisme pengendalian:

Mengenal struktur organisasi pada kontraktor

Sebuah proyek pekerjaan yang relatif sederhana kemungkinan dapat di kerjakan tanpa adanya penyusunan struktur organisasi. Akan tetapi, apabila keterlibatan para staf yang bekerja dalam suatu proyek yang besar maka semakin banyak pula bidang kerja yang berbeda-beda, sehingga di perlukan suatu organisasi yang mengatur pekerjaan/tugas satu dengan yang lainnya secara terpadu.

Struktur organisasi proyek yang di tetapkan oleh perusahaan kontraktor itu berbeda satu sama lainnya. Karena di sesuaikan dengan kondisi atau tipe dari garis wewenang yang ditetapkan oleh perusahaan itu sendiri. Untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan oleh suatu perusahaan secara efektif dan efisien. Maka dalam semua aktivitas yang dilakukan oleh karyawan yang ada di perusahaan. Ada pembagian tugas pada setiap karyawan yang bekerja pada perusahaan itu sehingga antara karyawan yang satu mempunyai hubungan dengan karyawan yang lainnya.

Struktur organisasi proyek mempermudah karyawan dalam menjalankan pekerjaan sesuai dengan keahlian yang di miliki serta kepada siapa karyawan itu akan bertanggung jawab. Struktur organisasi proyek juga memperjelas tugas, wewenang, tanggung jawab, dengan demikian akan membantu dalam mencapai suatu tujuan perusahaan. Berikut di bawah ini video penjelasan struktur organisasi proyek secara umum, yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi di lapangan.


Tags

akuntansi, arus kas, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi, supermarket


You may also like

1300 Cabang di 9 Negara, Simak Rahasia Sukses Kebab Turki Baba Rafi

5 Tips Mengelola Keuangan Bisnis Pasca Pandemi COVID-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube