Februari 10

0 comments

Cara Membuat Laporan Usaha Untuk Bisnis Franchise Minuman

Sama seperti bisnis lainnya, bisnis franchise minuman atau waralaba juga perlu membuat laporan keuangan setiap periode akuntansi – salah satunya adalah laporan laba rugi.

Dari laporan tersebut dapat di ketahui apakah kondisi keuangan usaha tersebut sehat atau tidak.

Laporan laba rugi bisnis franchise bergantung pada kondisi laporan keuangan franchise atau orang atau badan usaha yang berhak mereproduksi konsep bisnis franchisor.

Semakin sukses bisnis yang di jalankan oleh franchisee, kemudian semakin tinggi pendapatan dan keuntungan dari bisnis franchise tersebut.

Oleh karena itu, franchisee di harapkan mampu meningkatkan omzet sehingga bisnis franchise bisa mendapatkan royalti yang baik pula.

franchise minuman

Komponen Laba Rugi Bisnis Franchise Minuman

Transaksi apa yang perlu di pertimbangkan pada laporan laba rugi franchise minuman atau waralaba?

Persediaan Barang Dagang

Dalam bisnis waralaba, barang dagangan selalu di pasok oleh pemilik waralaba. Jika barang dagangannya adalah barang jadi, maka proses ini akan lebih mudah. Namun, ketika barang dagangan harus di proses terlebih dahulu – misalnya seperti makanan atau minuman, franchisee harus mengetahui apakah stok selalu di pasok oleh mereka atau boleh di ambil dari pemasok lain. Hal ini juga perlu di tuliskan dengan jelas di laporan keuangan—berapa jumlah dan nilai penawarannya agar tidak terjadi kesalahan perhitungan.

Piutang Dagang Franchise Minuman

biasanya relatif kecil atau bahkan nihil sehingga dengan tingkat pengembalian yang cepat perusahaan mendapatkan sumber dana kembali.

Aktiva Dagang Franchise Minuman

merupakan komponen terbesar dalam neraca perusahaan, kemudian apalagi jika lokasi dan bangunan di miliki sendiri oleh pemilik kemudian usaha serta perabot dan peralatan kantor.

Utang Lancar Franchise Minuman

entah itu hutang dagang yang biasanya timbul karena pola pembayaran pengadaan barang berjangka lebih besar dari syarat pembayaran dan juga pinjaman bank

BACA JUGA:  Pentingnya Nomor Akun Akuntansi Perusahaan Dagang Untuk Anda

Modal Franchise Minuman

biaya modal usaha franchise atau waralaba di Indonesia berkisar antara 10 juta hingga 400 juta rupiah.

Komponen Biaya Franchise Minuman

adalah biaya-biaya khusus yang di keluarkan karena adanya usaha waralaba ini, misalnya seperti royalty fee, advertising fee, dan management fee.

Margin Franchise Minuman

Bisnis waralaba memiliki tingkat pengembalian dan keuntungan yang relatif kemudian lebih tinggi. Sehingga modal awal yang tinggi biasanya bisa di tutup dengan cepat.

Cara Membuat Pembukuan Sederhana Bagi Franchise Minuman

Sebelum mengetahui contoh pembukuan sederhana untuk usaha kecil, Anda harus mengetahui apa saja dasar akuntansi akuntansi yang berlaku untuk usaha kecil, berikut ulasannya:

Membuat Catatan Keuangan Franchise Minuman

Saat memulai bisnis baru, hal terpenting yang harus di lakukan adalah membuat buku catatan pengeluaran terpisah. Beberapa jenis pengeluaran yang harus Anda catat antara lain pembelian bahan baku, biaya operasional, dan kemudian gaji karyawan. Catat dalam satu tabel dengan jelas.

Dengan ini, Anda juga bisa lebih mengetahui jumlah modal usaha yang telah di keluarkan. Jika iya, maka Anda bisa mulai menentukan target dan strategi agar modal Anda bisa kembali.

Membuat Catatan Pemasukan Franchise Minuman

Setelah membuat catatan pengeluaran, selanjutnya buat catatan pemasukan di buku tersendiri. Buku ini di gunakan untuk mencatat berbagai jenis pendapatan mulai dari jumlah penjualan produk, dan juga piutang yang telah di bayarkan.

Mencatat pendapatan adalah langkah penting kemudian dalam melacak keuangan bisnis Anda. Sangat di sarankan kemudian untuk menyimpan catatan ini terus menerus setiap hari. Catatan pendapatan berguna kemudian untuk mengetahui keuntungan yang di peroleh pengusaha

Membuat Buku Kas Utama Franchise Minuman

Selanjutnya, Anda juga harus membuat buku besar induk. Intinya menggabungkan buku kas pengeluaran dengan pemasukan. Jadi, Anda juga bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan yang di alami oleh perusahaan tersebut.

BACA JUGA:  PAHAMI! Kelebihan dan Kekurangan Kartu Debit

Untuk mencatat keuangan usaha kecil Anda, buku kas utama ini memiliki peran penting untuk merancang strategi dan perencanaan jika perusahaan memiliki biaya tak terduga di kemudian hari.

Mempersiapkan Buku Stok Barang Franchise Minuman

Penting juga bagi pengusaha untuk menyediakan buku stok barang yang di miliki secara terpisah. Catat terus barang yang masuk dan keluar sepanjang hari. Peningkatan penjualan juga akan meningkatkan jumlah barang yang masuk dan keluar.

Buku ini berguna untuk memudahkan Anda memantau dan memantau barang-barang kemudian di perusahaan Anda. Apalagi jika dalam waktu dekat Anda berencana untuk meningkatkan target penjualan atau bahkan membuka cabang.

Membuat Buku Inventaris Franchise Minuman

Tidak hanya buku stok, Anda juga harus mengawasi barang inventaris. Yang meliputi anggaran hibah, pembelanjaan, dan sumbangan juga perlu di cantumkan dalam buku inventarisasi.

Manfaat buku ini adalah aset bisnis Anda dapat terkontrol dengan baik. Keunggulan lainnya juga dapat mencegah barang mudah hilang. Kegiatan mutasi kemudian akan menjadi lebih mudah.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Menjadi Bos di Dunia Kuliner: Sukses Berbisnis Rumah Makan

Menjadi Bos di Dunia Kuliner: Sukses Berbisnis Rumah Makan

Tips Efektif Penggunaan Neraca Lajur dalam Bisnis

Tips Efektif Penggunaan Neraca Lajur dalam Bisnis
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top