Maret 13

0 comments

Cara Lapor SPT Online, Hanya Lewat HP!

Di banyak negara, termasuk Indonesia, pemerintah telah memperkenalkan sistem pelaporan pajak online untuk memudahkan masyarakat melaporkan SPT (Surat Pemberitahuan Pajak).

Di Indonesia, masyarakat kemudian dapat melaporkan SPT-nya secara online melalui layanan yang disediakan oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang dikenal dengan nama e-Filing.

e-Filing merupakan layanan yang memungkinkan Wajib Pajak untuk kemudian mengisi, menyampaikan dan mengunggah SPT melalui internet. Wajib Pajak kemudian harus memiliki akun yang terdaftar di e-Filing untuk menggunakan layanan ini. Mereka dapat mengakses layanan ini melalui situs resmi DJP atau melalui aplikasi mobile yang disediakan DJP.

Dengan melaporkan SPT secara online, maka wajib pajak dapat terhindar dari kerepotan pengisian manual dan antrian di KPP. Proses ini juga membantu dalam mengurangi kemungkinan kesalahan akibat perhitungan otomatis yang dilakukan oleh sistem.

Namun perlu diperhatikan bahwa persyaratan dan tata cara penyampaian SPT online selanjutnya dapat berubah sewaktu-waktu, oleh karena itu sebaiknya selalu mengacu pada website resmi DJP atau menghubungi kantor pajak setempat untuk mendapatkan informasi terbaru.

Pelaporan SPT (Surat Pemberitahuan) secara online selanjutnya dapat dilakukan melalui aplikasi atau website yang disediakan Direktorat Jenderal Pajak.

Berikut pedoman umum pelaporan SPT secara online hanya melalui ponsel:

SPT Online

1. Persiapkan Dokumen Pajak

Pastikan Anda memiliki semua dokumen yang di perlukan, seperti formulir SPT, kemudian bukti-bukti pendukung, dan informasi keuangan lainnya.

2. Langkah lapor pajak online menggunakan E-filling pada fitur DJP Online:

1. Akses DJP Online Klik “e-Filing”, kemudian klik tombol “Buat SPT”. 

2. Unggah CSV Pilih file CSV yang sudah Anda buat sebelumnya. Jika Anda memiliki file PDF, pilih dan unggah juga. Baca dengan seksama petunjuk yang ada pada kotak petunjuk, kemudian klik tombol “Start Upload”. 

BACA JUGA:  Kasus Viral Tak Membatalkan Kewajiban Wajib Pajak

3. Pilih Email Setelah muncul kotak dialog pilih email, klik “OK”. 

4. Kode Verifikasi Buka inbox email Anda, lalu salin kode verifikasi yang di terima. Masukkan kode verifikasi ke kotak di bagian bawah formulir sebelumnya. 

5. Cetak Tanda Terima Jika berhasil, maka akan menampilkan halaman daftar SPT yang sudah di laporkan. Anda juga dapat mencetak tanda terima yang dikirimkan melalui email. 

6. Jika Tanda Terima Tidak Muncul, Anda bisa menggunakan fitur kirim ulang BPE di situs DJP

3. Cek status pelaporan dan Simpan bukti laporan

Setelah mengirimkan SPT, pastikan untuk memeriksa status laporan Anda secara berkala melalui aplikasi atau situs web pajak untuk memastikan bahwa laporan Anda telah di terima dan diproses. Simpan bukti laporan SPT dan bukti pembayaran (jika ada) sebagai referensi di masa mendatang.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik