Desember 14

0 comments

Cara Bikin NPWP Online Lewat HP Tanpa Ribet

Informasi tentang cara bikin NPWP online banyak dicari oleh para pembaca. Pendaftaran NPWP secara online kini bisa dilakukan melalui telepon genggam (HP).

Cara daftar NPWP online melalui HP cukup mudah. Meski demikian, masih banyak pembaca yang mencari informasi mengenai hal tersebut, termasuk syarat-syarat pembuatan NPWP.

NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. NPWP berfungsi sebagai identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan di Indonesia.

Bagaimana cara bikin NPWP online pribadi? Bagaimana cara membuat NPWP online? Apakah saya bisa mendaftar NPWP melalui ponsel? Bagaimana cara membuat NPWP online? Apa syarat pembuatan NPWP?

Pertanyaan seperti itu masih sering muncul. Oleh karena itu, artikel ini akan membantu pembaca memahami cara membuat NPWP online, khususnya cara daftar NPWP online melalui ponsel.

Cara membuat NPWP online memang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memiliki NPWP tanpa harus datang ke kantor pajak.

Anda tinggal menyiapkan beberapa persyaratan dan mengikuti petunjuk pembuatan NPWP. Secara umum cara membuat NPWP online cukup mudah dan bisa dilakukan dari rumah.

Pendaftaran (pendaftaran NPWP online) dilakukan melalui website resmi www.ereg.pajak.go.id. Itulah link resmi bagi yang sedang mencari informasi terkait cara daftar NPWP online melalui HP.

Syarat-syarat Bikin NPWP Online

Cara Bikin NPWP Online Lewat HP Tanpa Ribet

Sebelum membahas cara membuat NPWP online, simak dulu beberapa persyaratan dokumen yang akan ada untuk membuat NPWP.

Syarat Pendaftaran NPWP Online Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Untuk membuat NPWP online, Anda harus memiliki email yang aktif. Sejalan dengan itu, bagi Wajib Pajak orang pribadi yang tidak menjalankan usaha atau pekerjaan bebas berupa:

  • fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi Warga Negara Indonesia
  • fotokopi paspor, fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), bagi Warga Negara Asing.
BACA JUGA:  Baru Buat NPWP Kok Sudah Disuruh Lapor SPT Tahunan

Adapun Wajib Pajak orang pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan lepas berupa:

  • fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi Warga Negara Indonesia
  • fotokopi paspor, fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), bagi Warga Negara Asing
  • fotokopi dokumen izin kegiatan usaha yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari Pejabat Pemerintah Daerah sekurang-kurangnya dari Lurah atau Kepala Desa atau tagihan listrik dari Perusahaan Listrik/bukti pembayaran listrik
  • fotokopi e-KTP bagi Warga Negara Indonesia dan surat pernyataan di atas meterai dari Wajib Pajak orang pribadi yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar-benar menjalankan usaha atau pekerjaan bebas.

Dalam hal wajib pajak orang pribadi adalah wanita bersuami yang kena pajak tersendiri karena kehendaknya secara tertulis berdasarkan perjanjian pemisahan penghasilan dan harta, dan seorang wanita bersuami yang memilih untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya secara terpisah, permohonan harus juga ada dengan:

  • fotokopi Kartu NPWP suami;
  • fotokopi Kartu Keluarga; dan
  • fotokopi perjanjian pemisahan penghasilan dan harta, atau surat pernyataan ingin melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakan secara terpisah dari hak dan kewajiban perpajakan suami.

Cara Bikin NPWP Online

Dalam cara membuat NPWP online ada tahapan yang harus anda penuhi dan perhatikan agar cara membuat NPWP online bisa berlangsung dengan lancar dan tanpa error. Langkah-langkah penting dalam cara membuat NPWP online yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke halaman https://ereg.pajak.go.id/register
  • Kemudian pilih menu “Daftar Akun”
  • Masukkan email, kata sandi, dan kode captcha Anda, lalu klik “Daftar”
  • Kemudian, Anda akan menerima email link aktivasi NPWP online Buka email Anda dan klik link aktivasi yang telah dikirimkan
  • Selanjutnya, masukkan nama, alamat email, kata sandi dan nomor ponsel Anda, pertanyaan keamanan dan kode captcha di kolom yang tersedia dan klik “Daftar”.
  • Setelah itu akan muncul notifikasi bahwa Anda telah selesai melakukan pendaftaran. Silahkan buka kembali email Anda, cek email yang masuk dan klik link aktivasi
  • Pada tahap ini anda sudah selesai melakukan aktivasi Setelah proses aktivasi selesai silahkan login ke sistem e-Registrasi dengan memasukkan email dan password akun yang telah dibuat sebelumnya
  • Setelah masuk ke halaman pendaftaran, isi data diri Anda dengan lengkap dan benar
  • Setelah mengisi data diri, ikuti semua langkah pengisian dengan seksama
  • Setelah semua formulir diisi dengan lengkap, pilih tombol daftar untuk mengirim formulir pendaftaran ke kantor pajak terdaftar
  • Setelah selesai, kantor pajak akan memproses permohonan NPWP. Setelah mengisi semua formulir dengan lengkap, maka akan muncul status pendaftaran di dashboard website ereg tax.
  • Disana pendaftar harus menekan tombol send token, dan harus mengisi Captcha, lalu klik submit
  • Konfirmasi akan dikirim melalui email Salin token yang telah didapatkan
  • Klik menu token untuk mendapatkan kode unik sebagai syarat pengajuan
  • Kemudian periksa email yang masuk untuk melihat token. Apabila permohonan pendaftaran NPWP online disetujui, maka NPWP akan dikirim oleh kantor pajak ke alamat wajib pajak melalui pos.
BACA JUGA:  Siapa Yang Bayar Pajak Karyawan / Pegawai di Perusahaan

Itulah informasi tentang cara membuat NPWP online, khususnya tentang cara daftar NPWP online melalui ponsel, lengkap dengan syarat membuat NPWP di ereg.pajak.go.id.

Mudah sekali bukan? Segera buat NPWP Anda, karena saat ini baik memulai bisnis atau tidak, NPWP bisa dibutuhkan sewaktu-waktu.

Perlu Anda ketahui tak hanya NPWP saja yang perlu disiapkan untuk mengurus perpajakan usaha. Tentu apabila Anda memiliki usaha, pasti akan membutuhkan pembukuan khusus perpajakan dan perencanaan pajak yang matang agar pajak yang dibayarkan bisa lebih hemat.


Tags

bayar pajak, bisnis, bisnis online, cafe, cara, franchise, grosir, karyawan, kena pajak, keuntungan, kuliner, lapor pajak, modal, online, pajak, pajak bisnis online, pajak dokter, pajak hotel, pajak makelar, pajak penghasilan, pajak usaha, peluang, pemungutan pajak, PPh, PPN


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik