November 25

0 comments

Bagaimana Prosedur Penjualan Yang Tepat Pada Usaha Distributor?

Standard Operating Procedures (SOP) adalah salah satu poin penting dan sangat berperan dalam kelancaran semua proses suatu bisnis, tak terkecuali SOP Penjualan. SOP Penjualan adalah langkah-langkah yang menstandarkan fungsi penjualan sehingga setiap karyawan dari suatu organisasi yang terlibat dalam proses penjualan melakukan fungsi penjualan dengan cara yang sama setiap waktu. SOP tidak hanya membakukan tugas, tetapi, dengan melakukan hal itu, mereka mengurangi dan merampingkan pekerjaan. Setiap SOP Penjualan di masing-masing bidang usaha pasti berbeda-beda, salah satunya saja di bidang distribusi/distributor.

Distribusi merupakan suatu kegiatan dimana produk yang dihasilkan oleh produsen bisa sampai kepada konsumen (pelanggan). Kegiatan distribusi dapat dibagi menjadi 2 yaitu Distribusi Langsung dan Distribusi Tidak Langsung.

  • Distribusi Langsung merupakan kegiatan penjualan produk barang kepada konsumen (pelanggan) yang dilakukan langsung oleh produsen.
  • Distribusi Tidak Langsung merupakan kegiatan penjualan produk barang kepada konsumen (pelanggan) melalui perantara yang disebut pelaku distribusi (distributor).

Alur proses bisnis jenis distribusi tentunya ialah penjualan ke pelanggan dimana terdapat pihak yang terlibat yaitu PelangganSalesman, dan Admin Penjualan. Berikut merupakan alur proses penjualan yang terjadi.

distributor

Berdasarkan gambar diatas, alur proses yang terjadi yaitu:

  • Ketika pelanggan melakukan order ke kita melalui salesman yang dimiliki, maka admin penjualan akan melakukan Input SO (Sales Order) barang atas pelanggan tersebut.
  • Atau pelanggan dapat order langsung tanpa SO dan admin penjualan akan melakukan input faktur jual barang atas pelanggan tersebut dan kemudian kita akan mengirimkan barang pesanan tersebut kepada pelanggan.

Setelah pelanggan menerima barang dari kita, tentunya pelanggan memiliki Piutang atas pembelian barang dari kita. Piutang tersebut dapat dibayarkan disaat hari yang sama atau di hari – hari berikutnya sesuai lama kredit yang kita berikan kepada pelanggan tersebut untuk dapat melunasi piutang atas pembelian barang.

Bagaimana membuat SOP yang tepat untuk melakukan penjualan suatu produk di dalam usaha distribusi? Kami rangkum secara jelas dalam video berikut ini. Tonton sampai habis karena ada beberapa poin yang wajib Anda pertimbangkan.


Tags

bayar pajak, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, lapor pajak, mengatur keuangan, modal, online, pajak, pajak bisnis online, pajak dokter, pajak hotel, pajak makelar, pajak penghasilan, pajak usaha


You may also like

Tips Mengubah Bisnis Apapun Agar Bisa Punya Untung Besar

Sebuah Perusahaan Rugi Puluhan Milyar Sebab Tak Terapkan Strategi Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube