Maret 5

0 comments

Belajar Akuntansi dan Memahami Dengan Mudah

Belajar akuntansi mungkin menjadi hal yang sangat membosankan bagi sebagian orang. Ini sangat umum karena beberapa orang tidak terlalu menyukai materi akuntansi yang rumit.

Dari menghafal rumus, membuat catatan hingga melakukan penghitungan yang kompleks. Ya, belajar akuntansi memang tidak mudah, namun baik UMKM maupun perusahaan besar membutuhkan peran akuntansi.

Misalkan Anda seorang pemilik bisnis, tetapi tidak memahami situasi keuangan, tentunya Anda akan kesulitan untuk mengambil keputusan bisnis.

Oleh karena itu, jika ingin bisnis Anda berkembang dengan mantap, Anda harus memahami informasi akuntansi.

Di era digital ini, munculnya inovasi akuntansi telah mendorong para profesional bisnis untuk menggunakan lebih banyak teknologi untuk memahami cara mudah belajar akuntansi.

Anda dapat belajar akuntansi online dari Internet dan berpartisipasi dalam kursus akuntansi keuangan berbayar untuk menguasai materi akuntansi.

Cara pertama mempelajari akuntansi adalah memahami materi akuntansi, siklus akuntansi, dan fondasinya. Akuntansi adalah proses pencatatan, pengklasifikasian, pemrosesan, dan penyajian data dan peristiwa terkait keuangan.

Setelah itu, Anda juga perlu memahami rumus akuntansi dasar. Biasanya persamaan akuntansi dasar diartikan sebagai hubungan antara aset perusahaan, hutang dan modal.

Oleh karena itu, laporan dapat digunakan untuk kepentingan seperti stakeholders, atau kepentingan yang berkaitan dengan analisis laporan keuangan, pengambilan keputusan dan keperluan lainnya.

Padahal, belajar akuntansi itu mudah, dan konsep dasar akuntansi juga sangat sederhana. Tujuan persamaan akuntansi dasar adalah sebagai dasar pencatatan, dimana setiap transaksi perlu dicatat baik di sisi kiri (aset) maupun di sisi kanan (kewajiban).

Ini adalah cara mudah untuk mempelajari akuntansi keuangan. Anda hanya perlu memahami konsep ALOE, apa itu? Silakan merujuk ke uraian persamaan akuntansi berikut:

BACA JUGA:  Penambahan CAPEX : Tips Menentukan Waktu yang Tepat Saat Pandemi

HARTA (Asset) = UTANG (Liability) + MODAL (Owner’s Equity)

HARTA + BEBAN = UTANG + MODAL + PENDAPATAN

Aset adalah aset sumber daya ekonomi yang berguna bagi suatu organisasi atau perusahaan. Pada saat yang sama, kewajiban adalah hutang sebagai kewajiban.

Pada saat yang sama, terdapat perbedaan antara modal ekuitas atau risiko pemilik bisnis dan kewajiban masa depan pemilik bisnis. Selanjutnya, Anda perlu memahami poin-poin penting dalam materi akuntansi.

Jika Anda ingin mahir dalam bidang akuntansi, Anda perlu mengingat pengetahuan dasar ini. Dasar-dasar akuntansi, seperti debet dan kredit, jurnal, posting jurnal ke buku besar, membuat neraca percobaan atau akun percobaan, dan penyampaian laporan keuangan.

Untuk memahami akuntasi dasar ini jika jelaskan bisa sangat panjang. Oleh karena itu kami buat dalam satu video yang merangkum penjelasan akuntansi dasar agar lebih mudah dipahami. Saksikan video berikut ini.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Ukur Kinerja Karyawan Dengan Metode Balanced Scorecard

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer

Desainer Wajib Tahu Ini! Pajak Yang Dikenakan Pada Desainer
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top