Februari 7

0 comments

Apa Saja Jobdesk atau Tugas Media Social Specialist

Peran spesialis media social sangat penting bagi perusahaan yang ingin berada di garis depan permainan pemasaran dan membangun hubungan yang kuat dengan komunitas bisnis. Beberapa tahun belakangan ini, media social specialist menjadi pekerjaan yang diminati banyak orang. Meski begitu, jobdesk dari pekerjaan yang satu ini sendiri sebenarnya tidaklah mudah.

Spesialis media sosial harus menyusun strategi, menganalisis data lintas platform, membuat konten, mengelola kampanye, dan berkoordinasi dengan tim pemasaran. Seseorang yang memiliki tugas ini harus fokus pada pembuatan konten digital yang menarik dan kreatif untuk berbagai platform media sosial perusahaan.

Setelah itu, mereka akan melaporkannya ke pengelola media sosial dan bekerja sama dengan tim pemasaran untuk menghasilkan strategi pemasaran yang dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan dan kesadaran merek.

media social

Jobdesk Social Media Specialist

Spesialis media sosial bertanggung jawab untuk berinteraksi langsung dengan pengguna jaringan dan komunitas virtual melalui perusahaan media sosial untuk membangun kesadaran merek. Untuk menjadi spesialis media sosial yang sukses, harus memiliki keterampilan, pengetahuan tentang platform media sosial, dan pembaruan tentang tren terkini di media sosial. Berikut ini adalah jobdesk umum dari spesialis media sosial:

  1. Merencanakan dan mengembangkan konten media sosial perusahaan yang sesuai dengan identitas perusahaan
  2. Bertanggung jawab untuk merancang strategi, manajemen komunitas, pengarahan kreatif, dan juga copywriting
  3. Berkomunikasi dengan pengikut di media sosial dan memahami target audiens dari masing-masing media sosial
  4. Gunakan alat analisis seperti Google Analytics atau Facebook Insights untuk memantau dan mengevaluasi kinerja media sosial perusahaan
  5. Menyampaikan upaya social media marketing dan juga memberikan rekomendasi penerapan strategi social media marketing agar mendapatkan hasil yang lebih optimal
  6. Selalu up to date tentang trend yang sedang ramai di media sosial
BACA JUGA:  Cara Stock Opname Praktis Pada Bisnis Kuliner
media social

Keterampilan yang Dibutuhkan

Selain itu, ada beberapa keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang ahli media sosial untuk mengembangkan strategi media sosial. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa keterampilan yang harus dikuasai:

1. Keterampilan bercerita

Pemasaran konten dan media sosial berjalan beriringan dalam membangun citra merek bisnis. Social Media Specialist harus bisa memberikan edukasi kepada konsumen tentang brand bisnis tersebut. Maka, sebagai penanggung jawab konten sebuah perusahaan media sosial, spesialis media sosial harus memiliki keterampilan menulis, mengedit, bercerita yang kuat untuk mewakili identitas perusahaan.

2. Estetika visual yang kuat

Di media sosial, aspek visual sangat penting dalam menentukan keberadaan produk/jasa bisnis. Bercerita tentang sebuah brand tidak disampaikan melalui kata-kata, melainkan melalui presentasi estetika yang menarik di semua platform media sosial. Oleh karena itu, seorang spesialis media sosial harus memiliki kemampuan untuk membuat konten visual dan menilai desain dengan baik.

3. Manajemen konsumen

Tujuan media sosial adalah untuk terhubung dengan konsumen secara efektif. Oleh karena itu, pakar media sosial membutuhkan kemampuan untuk memahami komentar, pertanyaan, kebutuhan atau keluhan dari konsumen. Hal inilah yang akan membuat konsumen merasa bahwa perusahaan Anda tidak hanya memberikan edukasi satu arah, tetapi juga memahami kebutuhan konsumen.

4. Perbarui tren terbaru

Dalam industri yang dinamis ini, sangat penting untuk selalu update tentang teknologi informasi terkini dari setiap bidang usaha. Gunakan media sosial untuk mengikuti perkembangan istilah atau percakapan online yang paling relevan saat ini. Ini akan membantu dalam menghasilkan konten yang segar dan relevan.

5. Memahami keragaman platform media sosial

Pakar media sosial perlu memiliki pengetahuan mendalam tentang setiap platform media sosial. Mereka harus memahami jenis konten mana yang tepat untuk Instagram atau Facebook. Itu karena setiap media sosial menawarkan target audiens yang berbeda. Oleh karena itu penting untuk mengidentifikasi target audiens bisnis.

BACA JUGA:  Mengenal Pentingnya Analisis Rasio Keuangan Bagi Usaha Anda

6. Menentukan key performance indicator (KPI)

Menetapkan KPI adalah tugas spesialis media sosial untuk menunjukkan kepada perusahaan bagaimana mereka dapat menggunakan media sosial dalam mencapai tujuan bisnis. Mereka harus meninjau permintaan dan strategi secara teratur dan membuat penyesuaian yang diperlukan.

7. Garis analisis

Alat analisis di media sosial akan memberikan data yang mengukur kinerja perusahaan media sosial. Seorang ahli media sosial harus dapat memahami grafik dari data analitik ke perusahaan. Dengan begitu perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat untuk mencari atau mengembangkan strategi lain, yang mungkin lebih bermanfaat.

8. Memahami Search Engine Optimization (SEO) dan Iklan

Pakar media sosial harus memahami kinerja SEO dengan mengintegrasikannya dengan media sosial untuk mendapatkan lalu lintas organik. Misalnya, memberikan tautan ke perusahaan media sosial dapat meningkatkan peringkat di mesin pencari. Jadi setiap konten harus tersegmentasi, dapat dicari, dan dapat dibagikan berdasarkan audiens target. Pakar media sosial juga harus memahami bagaimana Ads atau iklan berbayar bisa memaksimalkan kinerja media sosial.

Mengingat besarnya tanggung jawab seorang spesialis media sosial, maka perusahaan tentu menginginkan orang yang kompeten dan pengalaman yang membuktikan bahwa orang tersebut mampu mengembangkan dan menerapkan strategi media sosial yang efektif.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik