Juli 14

0 comments

Apa itu Kurs Pajak dan Fungsinya Bagi Transaksi di Bisnis Anda

Banyak yang baru tau mengenai kurs pajak, nah apa sih kurs pajak itu? Namanya juga kurs, artinya nilai tukar yang terkonversi dari suatu mata uang. Jadi, yang memiliki maksud dengan kurs pajak adalah nilai tukar yang berguna untuk urusan pembayaran pajak.

Tarif pajak ini tertetapkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu) setiap minggunya, sehingga memiliki sebutan Kurs Pajak Mingguan. Seminggu sekali, Kementerian Keuangan menetapkan kurs pajak baru sebagai dasar penghitungan pajak.

Apa itu Kurs Pajak dan Fungsinya Bagi Transaksi di Bisnis Anda

Peraturan yang mengatur mengenai nilai tukar pajak ini masuk dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.1 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang-Undang No.8 Tahun 1983 tentang PPN dan PPnBM, yang sebelumnya mengacu pada UU No.42 Tahun 2009 tentang Perubahan Ketiga atas UU No.8 Tahun 1983 tentang PPN Barang dan Jasa dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

Kurs pajak ini fluktuatif dan nilainya keluar seminggu sekali oleh Kementerian Keuangan melalui Keputusan Menteri Keuangan (KMK), berlaku selama 7 hari. nilai tukar pajak akan berfluktuasi tergantung pada perubahan nilai dolar Amerika Serikat (USD) yang menjadi acuan utama. Lalu, apa fungsi dari nilai tukar pajak? Berikut ini akan membahas kurs pajak mingguan Kementerian Keuangan sebagai acuan bagi pengusaha dalam bertransaksi.

Fungsi-Fungsi Kurs Pajak

Kurs pajak memiliki fungsi bagi pengusaha ketika akan menghitung bea masuk, menghitung bea keluar, menghitung PPh, PPn dan PPnBM. Nilai tukar pajak berguna untuk transaksi yang berhubungan dengan pajak, seperti:

Bea masuk

Perusahaan yang melakukan pembelian dari luar negeri atau impor, akan terkena bea masuk pada saat barang impor tersebut masuk ke wilayah Indonesia. Tarif bea masuk telah diatur oleh Kementerian Keuangan yang tercantum dalam Tarif Kepabeanan Indonesia. Tarif bea masuk umumnya 7,5% kemudian kali dengan Nilai Dasar Pengenaan Bea Masuk (NDPBM).

BACA JUGA:  Selebgram : Gimana Sih Pelaporan Pajaknya?

NDPBM sendiri didapat dari harga barang ditambah nilai asuransi dan biaya pengiriman.

Bea Keluar

Kebalikan dari bea masuk, pemerintah mengenakan bea masuk kepada pengusaha pada saat barang yang ekspor oleh pengusaha keluar dari wilayah Indonesia. Perhitungannya adalah tarif bea keluar kali harga ekspor satuan barang dikalikan nilai tukar mata uang atau kurs pajak.

Pajak Penghasilan (PPh)

Pemerintah mengenakan pajak penghasilan kepada orang pribadi atau badan atas penghasilan yang masuk atau terterima dalam waktu satu tahun. Sesuai dengan UU No. 36 Tahun 2008, pajak penghasilan bersifat subjektif. Formulasinya (untuk impor barang atau jasa) adalah NDPBM tambah bea masuk dan tarif bea masuk 7,5%.

PPN dan PPnBM

Pemerintah mengenakan PPN kepada wajib pajak orang pribadi atau badan pada saat terjadi jual beli barang atau jasa kena pajak. Sedangkan PPnBM secara umum sama dengan PPN, namun objeknya adalah barang mewah. PPN dan/atau PPnBM wajib terbayar setiap akhir bulan oleh Pengusaha Kena Pajak. Tarif PPN umumnya 10%, minimal 5%, dan maksimal 15%. Sedangkan untuk PPnBM, tarif minimal 10% dan maksimal 20%. Perhitungan yang berlaku adalah NDPBM + Bea Masuk + 10%

Dengan memahami apa itu nilai tukar pajak, maka akan lebih mudah untuk memenuhi kewajiban Anda sebagai pengusaha. Karena hal ini sangat penting untuk membuat pelaporan pajak.

Karena nilai tukar pajak berubah setiap minggu dengan perubahan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing, ketahui tarif pajak terbaru saat ingin menghitung pajak yang harus bayar dari mata uang asing. Pahami hal ini, hitung kewajiban pajak dengan mudah. Perlu perhatikan, selain memahami kurs pajak, penting juga untuk memperhatikan rate pajak dari alat kena pajak atau nilai tukar pajak kepabeanan berbagai transaksi impor barang dan jasa kena pajak.

BACA JUGA:  Multi Level Marketing : Bagaimana Pelaporan Pajaknya?

Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

WEBINAR GRATIS!!

3 Langkah Menyusun SOP Untuk Membangun Bisnis Autopilot

Hari
Jam
Menit
Detik