Desember 22

0 comments

Apa Itu CEO? Apa Bedanya dengan Founder dan Owner?

Posisi CEO adalah salah satu peran paling penting dalam suatu organisasi, dan individu yang menjabat sebagai CEO sering memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam bisnis dan manajemen. Mereka juga memiliki tanggung jawab besar dalam mencapai tujuan dan kesuksesan jangka panjang perusahaan.

Apa Itu CEO

Apa itu CEO?

CEO adalah singkatan dari “Chief Executive Officer,” yang dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan sebagai “Pimpinan Eksekutif Utama.” CEO adalah posisi teratas dalam hierarki perusahaan atau organisasi dan biasanya bertanggung jawab atas pengambilan keputusan strategis, pengelolaan operasional, dan arah keseluruhan perusahaan.

Peran CEO mencakup berbagai tugas dan tanggung jawab

  1. Menetapkan Visi dan Strategi: bertanggung jawab untuk kemudian merumuskan visi jangka panjang perusahaan dan merancang strategi untuk mencapainya.
  2. Pengambilan Keputusan Strategis: merupakan pemimpin utama dalam pengambilan keputusan strategis yang kemudian dapat memengaruhi arah dan kinerja perusahaan.
  3. Manajemen Tim Eksekutif: biasanya memimpin tim eksekutif perusahaan, termasuk para eksekutif senior seperti CFO (Chief Financial Officer), COO (Chief Operating Officer), CMO (Chief Marketing Officer), dan lainnya.
  4. Mengawasi Operasi Harian: Meskipun CEO seringkali fokus pada aspek strategis, mereka juga harus memastikan operasi harian perusahaan berjalan lancar.
  5. Hubungan dengan Pemegang Saham dan Stakeholder: bertanggung jawab atas menjaga hubungan baik dengan pemegang saham, investor, pelanggan, dan kemudian pihak-pihak lain yang memiliki kepentingan dalam perusahaan.
  6. Perwakilan Publik: sering menjadi wakil publik perusahaan, berbicara di konferensi, wawancara media, dan kemudian berkomunikasi dengan pihak luar.
  7. Bertanggung Jawab atas Kinerja Keuangan: kemudian memiliki tanggung jawab dalam memastikan keuangan perusahaan sehat, termasuk pertumbuhan pendapatan dan profitabilitas.
  8. Pertanggungjawaban kepada Dewan Direksi: biasanya melaporkan kepada dewan direksi perusahaan dan mengikuti arahan dan kebijakan yang ditetapkan oleh dewan.
BACA JUGA:  Dibalik Suksesnya 10.000 Gerai Pemilik Mixue

Perbedaan antara CEO, founder, dan owner (pemilik) terletak pada peran dan tanggung jawab mereka dalam suatu perusahaan atau organisasi. Berikut adalah perbedaan utama:

CEO (Chief Executive Officer)

  • Adalah seorang eksekutif tingkat tertinggi yang bertanggung jawab atas pengelolaan operasional perusahaan, pengambilan keputusan strategis, dan kemudian pelaksanaan visi perusahaan.
  • Biasanya ditunjuk oleh dewan direksi atau pemegang saham dan memimpin perusahaan dengan mengelola tim eksekutif dan seluruh organisasi.
  • Mungkin atau mungkin tidak menjadi pendiri perusahaan. Mereka kemudian dapat menjadi seorang profesional yang direkrut dari luar perusahaan atau salah satu pendiri yang mengambil peran CEO.

Founder (Pendiri)

  • Pendiri adalah individu atau kelompok orang yang menciptakan atau mendirikan perusahaan atau organisasi tersebut dari awal.
  • Pendiri adalah orang yang memiliki gagasan awal, visi, dan mungkin juga modal untuk memulai perusahaan.
  • Mereka kemudian dapat memegang peran eksekutif dalam perusahaan, seperti CEO atau presiden, atau mereka mungkin mengambil peran lain dalam pengembangan bisnis.
  • Pendiri kemudian sering memiliki keterlibatan emosional yang kuat dan visi yang besar dalam perusahaan yang mereka dirikan.

Owner (Pemilik)

  • Pemilik adalah individu atau entitas yang memiliki saham atau kepemilikan dalam perusahaan.
  • Pemilik bisa menjadi orang yang sama dengan pendiri perusahaan atau entitas investasi, kemudian seperti perusahaan induk atau pemegang saham eksternal.
  • Pemilik mungkin tidak terlibat dalam pengelolaan sehari-hari perusahaan dan kemudian hanya mengejar keuntungan dari kepemilikan saham atau aset perusahaan.
  • Pemilik kemudian dapat memiliki peran passif dalam perusahaan atau terlibat dalam pengambilan keputusan strategis, tergantung pada tingkat kepemilikan dan struktur kepemilikan.

Dalam banyak kasus sering kita jumpai, seorang individu atau kelompok orang kemudian dapat menggabungkan peran sebagai CEO, founder, dan owner dalam satu perusahaan. Namun, terdapat juga situasi di mana dia merupakan eksekutif profesional yang direkrut dari luar dan bukan pendiri atau pemilik perusahaan. Peran dan tanggung jawab mereka dapat bervariasi tergantung pada dinamika dan struktur perusahaan tersebut.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik