Oktober 25

0 comments

Analisis Efektivitas Operasional Bisnis Ekspedisi J&T Express

Efektivitas operasional adalah konsep dalam manajemen bisnis yang mengacu pada kemampuan suatu organisasi atau perusahaan dalam mencapai kinerja operasional yang optimal. J&T Express merupakan jasa ekspedisi yang menduduki posisi atas jasa ekspedisi terbaik di Indonesia. Perncapaian yang luar biasa itu kemudian tentunya tidak lepas dari efektivitas operasional bisnis yang dikembangkan.

Efektivitas operasional kemudian menentukan kualitas kegiatan perusahaan setiap harinya. Kualitas kegiatan pegawai kemudian mempengaruhi hasil kerja dan tentunya kepuasan pelanggan. Ayo ketahui hal-hal apa saja yang mempengaruhi efektivitas operasional bisnis J&T!

Apa itu efektivitas operasional?

Efektivitas operasional merujuk pada kemampuan suatu organisasi atau perusahaan untuk kemudian menjalankan operasi mereka dengan cara yang paling efisien dan efektif mungkin. Hal ini mencakup upaya untuk kemudian mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan sumber daya yang tersedia secara optimal. Dalam konteks bisnis, efektivitas operasional mencakup proses, sistem, dan praktik. Efektivitas operasional dirancang untuk kemudian mencapai:

  1. Meningkatkan produktivitas
  2. Meningkatkan kualitas
  3. Pengendalian biaya
  4. Peningkatan kepuasan pelanggan
  5. Pengendalian resiko
  6. Kemudian Inovasi
  7. Peningkatan proses

Overview J&T Express

J&T Express adalah perusahaan jasa pengiriman barang yang kemudian didirikan pada tahun 2015 oleh mantan CEO OPPO Indonesia, Mr. Jet, dan OPPO internasional, Mr. Tony Chen. J&T Express umumnya bergerak di bidang logistik dan kemudian melayani pengiriman paket kilat (express delivery) ke seluruh kota di Indonesia. Dengan efektivitas operasional yang baik per September 2021, J&T Express kemudian berada dalam posisi yang kuat dan telah menjadi salah satu pemimpin dalam industri ekspedisi di Indonesia.

Sistem IT sebagai dukungan efektivitas operasional

Information Technology (IT) merupakan istilah umum untuk kemudian teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. J&T Express memanfaatkan sistem IT untuk kemudian meningkatkan efisiensi kerja, efektivitas kerja, dan kualitas pelayanan kepada pelanggan. Keunggulan J&T Express dari perusahaan jasa pengiriman lain adalah penjemputan barang secara gratis ke alamat pengirim, sehingga para pelanggan kemudian tak perlu mendatangi kantor J&T jika ingin mengirimkan barang. Cukup menghubungi pihak J&T melalui aplikasi berbasis Android dan iOS atau menghubungi melalui hotline, maka petugasnya akan datang untuk kemudian menjemput barang yang akan dikirim. 

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Konflik Antar Karyawan dan Risiko Turnover Tinggi

Kontrol efektivitas operasional dengan sistem pengendalian manajemen

Sistem pengendalian manajemen merupakan sebuah sistem yang digunakan oleh manajemen untuk kemudian mengendalikan organisasi agar dalam tujuan organisasi bisa tercapai. Penerapan sistem pengendalian manajemen pada perusahaan J&T Express kemudian dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan efektivitas operasionalnya. J&T Express juga terus meningkatkan efisiensi dan kemudian mengoptimalkan biaya logistik berdasarkan standar operasional yang tinggi, sistem transportasi dan distribusi gudang yang kuat, dan aplikasi logistik yang canggih, untuk kemudian meningkatkan nilai distribusi bisnis bagi pelanggan dan menciptakan pengalaman logistik yang terbaik.

Diversifikasi layanan

Dalam rangka meningkatkan efektivitas operasional sistem bisnisnya, J&T Express juga memiliki divisi bernama J&T Cargo yang kemudian melayani pengiriman barang dengan volume dan ukuran besar. Diversifikasi ini membantu J&T Express untuk kemudian mengatasi berbagai kebutuhan pelanggan, termasuk perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pengiriman dalam jumlah besar.

Peningkatan berkelanjutan

J&T Express juga terus berinvestasi dalam peningkatan berkelanjutan. Mereka mencari cara untuk kemudian mengurangi dampak lingkungan dari operasi mereka, seperti mengurangi emisi karbon dan memperbaiki manajemen limbah. Upaya ini mencerminkan tanggung jawab sosial perusahaan mereka dan memberikan gambaran positif tentang masa depan bisnis ekspedisi yang berkelanjutan. Gambaran positif yang tercipta di masyarakat memicu kepercayaan dan berdampak pada stabilitas efektivitas operasional.

Kesimpulan

Efektivitas operasional bisnis ekspedisi J&T Express telah menjadi salah satu faktor kunci yang mendukung kesuksesan mereka. Dengan teknologi terkini, logistik yang efisien, pelayanan pelanggan yang baik, komitmen terhadap kualitas, dan upaya peningkatan berkelanjutan, J&T Express telah menjadi pemimpin dalam industri ekspedisi di Indonesia dan Asia Tenggara. Melalui inovasi dan komitmen terhadap pelayanan berkualitas, mereka kemudian terus mengukuhkan posisi mereka sebagai salah satu pemain utama dalam dunia pengiriman barang.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik