April 14

0 comments

Kelola Alur Barang Masuk & Keluar Dalam Manajemen Gudang Produksi

Perusahaan manufaktur ataupun perusahaan lain yang membutuhkan gudang besar seperti distributor. Perusahaan seperti ini adalah perusahaan yang mengolah bahan mentah atau bahan mentah menjadi produk jadi untuk di jual kepada konsumen. Selain itu juga perpindahan barang yang sangat cepat dan rumit memerlukan manajemen gudang yang tepat. Terutama perusahaan jenis manufaktur membutuhkan banyak bahan baku untuk pembuatan produk konsumen. Misalnya, sebuah perusahaan clothing membutuhkan kain, benang, kancing dan sablon.

Untuk gudang atau bagian inventaris, terkadang jumlah bahan baku yang di pakai cukup membingungkan. Resiko kerugian cukup tinggi dan dapat menyebabkan perusahaan merugi. Untuk menghindari situasi ini, yang terbaik adalah melakukan inventarisasi.

Stock Opname di lakukan pada akhir periode yang telah di tentukan setiap tahun, setiap 6 bulan atau setiap 3 bulan. Perlu Anda ingat bahwa proses pelaporan di dalam dan di luar gudang ini sangat memakan waktu. Ada baiknya melakukan ini pada akhir pekan atau hari libur perusahaan sehingga tidak ada barang yang akan keluar dan masuk sementara.

Bagi Anda yang memiliki perusahaan dengan memerlukan pengelolaan gudang yang cukup rumit, sangat penting untuk memberikan laporan barang yang masuk dan keluar. Karena mengingat banyaknya bahan yang di pakai untuk membuat produk jadi. Berikut ini, kami akan memberikan panduan tentang cara melaporkan barang masuk dan keluar dari sebuah perusahaan. Maka dalam hal ini memerlukan manajemen gudang yang tepat.

Manajemen Barang Masuk dan Keluar Gudang

Manajemen gudang adalah tindakan mengatur dan mengendalikan semua elemen di gudang dan memastikan bahwa semuanya berjalan dalam kondisi terbaik. Ini mencakup segala hal mulai dari menyiapkan tata letak gudang, mengontrol inventaris, memelihara peralatan, memeriksa barang yang masuk dan keluar, pengambilan, pengemasan, dan pengangkutan barang hingga menggunakan sistem manajemen gudang otomatis. Namun tidak semuanya kami bahas cara pengelolaannya, karena akan panjang.

Pembahasan kali ini adalah terkait dengan manajemen barang masuk dan keluar gudang. Barang masuk dan keluar harus tertata sedemikian rupa. Sering terjadi manajer gudang menyepelekan, hingga berdampak pada barang hilang atau tertukar. Tentunya ini akan merugikan perusahaan. Oleh sebab itu lakukan manajemen barang masuk dan keluar dengan tepat. Bagaimana caranya? Simak video berikut ini.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Tips Mengubah Bisnis Apapun Agar Bisa Punya Untung Besar

Sebuah Perusahaan Rugi Puluhan Milyar Sebab Tak Terapkan Strategi Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube