Juni 23

0 comments

Alur SOP Perawatan Aset Mesin Produksi Yang Tepat

Perawatan Aset – Aset dalam pembukuan adalah sumber daya atau kekayaan yang di miliki oleh suatu zat. Di mana, setiap perusahaan pasti memiliki aset, baik yang substansial seperti kendaraan, gedung, peralatan, maupun yang tidak berwujud seperti penawaran, hak cipta, dan merek.

Aset adalah bagian terpenting dari sebuah perusahaan yang harus di awasi secara tepat untuk memberikan manfaat bagi perusahaan, sekaligus memberdayakan pencapaian tujuan perusahaan.

Manajemen aset di perlukan untuk membuat pilihan yang tepat sehingga sumber daya dapat menjadi lebih berharga. manajemen aset di cirikan oleh pengukuran dan perspektif yang berbeda. Sumber daya yang di awasi dengan sukses dan produktif dapat mencapai tujuan yang di inginkan perusahaan.

Manajemen aset tidak hanya mengawasi dan mencatat daftar sumber daya yang di klaim. Optimalisasi sumber daya harus di lakukan untuk mengantisipasi biaya yang di tanggung perusahaan. Sumber daya perusahaan harus di periksa setiap tahun untuk melihat apakah ada sumber daya yang masih dapat di manfaatkan atau harus di ganti. Setiap perusahaan harus mengetahui sumber daya mana yang masih dapat di awasi atau memiliki waktu untuk digantikan.

Dengan manajemen aset yang baik, perusahaan dapat mengurangi biaya dan meningkatkan pendapatan usaha. Penatausahaan aset dapat di lakukan dengan mengikutsertakan semua pihak pada level administrasi sehingga pilihan dapat di jalankan secara benar di seluruh bagian perusahaan.

perawatan aset

Ada beberapa alasan mengapa merawat aset ini sangat penting. Apa saja alasannya?

1. Menjaga nilai aset

Perusahaan dapat menjaga harga aset mereka tetap tinggi, memiliki umur yang lebih panjang, dan menjaga jarak strategis dari bahaya terhadap aset yang dapat menyebabkan penurunan harga penawaran.

2. Monitoring penyusutan aset

Devaluasi/penyusutan adalah salah satu bahaya penggunaan aset tetap. Di mana aset akan mengalami kemunduran, mulai dari penurunan kinerja hingga harga jual. Namun, dengan melakukan perawatan aset, akan lebih mudah bagi perusahaan untuk mengurangi penyusutan.

3. Meminimalisir pembelian berlebihan

Dengan mengaktualisasikan perawatan aset, perusahaan dapat lebih efektif mengontrol aset secara tepat. Sehingga mereka dapat menjaga jarak strategis dari pembelian yang berlebihan.

Itulah beberapa manfaat yang akan di dapatkan perusahaan jika menerapkan manajemen aset dalam bisnisnya. Namun, mengelola aset bukanlah hal mudah dan sangat merepotkan. Oleh karena itu, perlu adanya SOP yang mengatur agar aset dapat di kelola dengan benar.

Bagaimana cara membuat SOP tersebut? Lalu bagaimana cara menerapkannya? Simak video berikut ini untuk mendapatkan penjelasan lebih detail terkait SOP pemeliharaan aset perusahaan, terutama di bidang manufaktur.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

1300 Cabang di 9 Negara, Simak Rahasia Sukses Kebab Turki Baba Rafi

5 Tips Mengelola Keuangan Bisnis Pasca Pandemi COVID-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube