Juli 22

0 comments

7 Cara Mempromosikan Produk Agar Bisa Meningkatkan Penjualan

Mungkin sebagian besar dari Anda belum tahu bagaimana cara meningkatkan penjualan produk Anda? Padahal ada satu hal yang bisa Anda coba dengan cara mempromosikan produk agar orang tahu.

Dalam menjalankan bisnis pasti membutuhkan promosi bukan?

Mengapa promosi penting untuk bisnis? Karena itulah cara promosi yang bisa membuat pelanggan Anda mengenal merek dan barang yang Anda pasarkan.

Ada banyak cara untuk mempromosikan produk, seperti membuat giveaway atau hanya memberikan diskon. Tetapi ada langkah-langkah yang harus Anda ambil untuk mempromosikan produk Anda.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan produk agar penjualan bisa meningkat pesat!

1. Manfaatkan Media Sosial

7 Cara Mempromosikan Produk Agar Bisa Meningkatkan Penjualan

Di era globalisasi dengan kecanggihan teknologi ini, media sosial menjadi kewajiban yang harus pengusaha miliki termasuk Anda, mulai dari facebook, instagram, dll. Menerapkan metode promosi dengan memperkenalkan produk yang akan dipasarkan menggunakan media sosial. Dengan menggunakan media sosial, Anda akan merasa lebih personal dalam pendekatan Anda kepada pelanggan atau calon pelanggan Anda.

2. Berpartisipasi dalam Mengadakan Acara

Menyelenggarakan suatu acara dan menjadi sponsor dalam suatu acara merupakan peluang bagi usaha kecil menengah untuk mendapatkan pelanggan potensial. Dengan menjadi sponsor suatu acara, peluang produk bisnis untuk dikenal oleh masyarakat sangat besar. Tinggal bagaimana Anda merencanakan dengan matang dan menerapkan metode promosi produk yang baik dan benar.

3. Berbagi Produk

Memberikan produk langsung ke pasar atau calon pelanggan, bisa menjadi salah satu metode promosi produk Anda. Anda bisa memberikan gratisan dalam bentuk sederhana atau membeli produk sejenis lainnya, dan membatasi jumlah produk yang Anda distribusikan agar tidak mengalami kerugian. Jangan berpikir cara seperti ini akan merugikan bisnis Anda, anggap saja cara ini sebagai investasi untuk bisnis Anda di masa depan.

BACA JUGA:  3 Tips Menerapkan Sistem Informasi Manajemen Ideal Bagi Usaha UMKM

4. Kumpulkan Data Pelanggan

Anda dapat menerapkan pengumpulan data pelanggan saat mereka membeli produk saat obral. Dengan mendapatkan data ini, Anda dapat menggunakannya untuk menerapkan strategi atau rencana promosi untuk kegiatan selanjutnya.

5. Berikan Intensif Untuk Pelanggan

Berikan intensif kepada setiap pelanggan setia Anda. Bentuk insentif ini dapat berupa diskon, kupon, uang atau produk yang sedang beredar. Tidak lupa juga memberikan pelayanan terbaik dalam merekomendasikan produk kepada pelanggan. Ini merupakan bentuk promosi produk yang baik.

6. Menggunakan Barang Promosi

Untuk melakukan cara promosi yang baik, Anda bisa menggunakan barang promosi yang sudah memiliki label resmi. Inilah yang nantinya akan teringat orang tentang produk yang mereka lihat dan beli sehingga mudah untuk menarik hati orang.

7. Lakukan Survei Daya Beli Sebelum Menjual

Untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan, Anda harus dapat melakukan survei ke setiap pelanggan setelah menjual produk. Anda dapat melakukannya langsung di tempat, melalui telepon atau email. Dengan melakukan survey ini akan memudahkan Anda untuk menyampaikan kritik, saran atau pujian tentang jenis produk yang telah mereka pakai.

Kesimpulan

Itulah cara promosi produk yang menarik dan dapat memberikan kesuksesan untuk setiap produk yang dipromosikan. Untuk menjalankan cara promosi ini, Anda harus memperhatikan dan memastikan bahwa logo, desain label dan brosur yang digunakan dalam desain tersebut tersusun dengan baik dan benar.

Hal ini nantinya akan mempengaruhi cara promosi dan strategi yang diterapkan berjalan dengan lancar dan dapat memberikan keuntungan yang besar dan menjanjikan bagi bisnis Anda.

Hindari mempromosikan produk yang belum memiliki label resmi meskipun akan memberikan hasil yang memuaskan. Meski memberikan hasil positif, lama kelamaan akan berdampak negatif karena legalitas suatu produk tergolong ilegal. Ini adalah sesuatu yang perlu Anda pelajari lebih lanjut.

BACA JUGA:  Setelah Stock Opname, Ini Yang Wajib Dilakukan Pengusaha


Tags

akuntansi, arus kas, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi, supermarket, tips


You may also like

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Ingin Penjualan Lancar? Ketahui Apa Itu Segmen Pasar!

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan

Usaha Bidang Keuangan? Wajib Tahu Apa Itu Otoritas Jasa Keuangan
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top