Januari 19

0 comments

5 Strategi Terbaik dalam Mengelola Supplier

Manajemen supplier yang efektif meurpakan kunci keberhasilan operasional suatu bisnis. Hubungan yang baik dengan supplier dapat meningkatkan efisiensi, kualitas produk, dan kepuasan pelanggan. 

supplier

Ciri Supplier yang baik

1. Kualitas Produk atau Layanan yang Baik

Produk atau layanan yang disediakan oleh supplier kemudian harus memenuhi atau melebihi standar kualitas yang diinginkan oleh perusahaan Anda. Kualitas yang baik sangat penting untuk memastikan kepuasan pelanggan.

2. Keandalan dan Ketersediaan

Dapat menghasilkan dan kemudian menyediakan produk atau layanan dengan konsistensi dan tepat waktu. Keandalan dalam hal pengiriman dan ketersediaan produk merupakan faktor penting.

3. Harga yang Kompetitif

Harga yang wajar dan bersaing sangat penting. Supplier yang baik kemudian menyajikan penawaran harga yang adil, sejalan dengan kualitas produk atau layanannya.

4. Kemampuan Inovasi

Supplier yang proaktif dalam menyajikan inovasi atau pembaruan produk dan proses kemudian dapat memberikan nilai tambah bagi bisnis Anda. Mereka kemudian harus bersedia untuk berkolaborasi dalam meningkatkan produk atau layanan.

5. Kemampuan Kapasitas dan Skala

Harus mampu memenuhi permintaan dan skalabilitas bisnis Anda. Mereka kemudian harus memiliki kapasitas produksi yang memadai dan dapat menanggapi fluktuasi permintaan.

6. Ketertiban dan Transparansi

Punya sistem manajemen yang teratur, termasuk sistem pencatatan dan kemudian pelaporan yang baik. Transparansi dalam proses produksi dan rantai pasok kemudian dapat meningkatkan kepercayaan.

7. Pemahaman akan Kebutuhan Pelanggan

Harus memahami kebutuhan dan spesifikasi pelanggan dengan baik. Mereka bersedia berkomunikasi secara terbuka untuk memastikan produk atau layanan sesuai dengan harapan.

8. Kemampuan Penyediaan Suku Cadang

Jika produk memerlukan suku cadang atau dukungan purna jual, supplier kemudian harus dapat menyediakan suku cadang dengan cepat dan efisien.

BACA JUGA:  Ide Jualan Untuk Menghabiskan Produk Tidak Laku (Dead Stock)

9. Ketahanan terhadap Perubahan Pasar

Kemampuan untuk kemudian beradaptasi dengan perubahan pasar dan regulasi adalah ciri penting. Ini mencakup kemampuan untuk kemudian menanggapi perubahan tren dan permintaan pelanggan.

10. Etika Bisnis dan Kepatuhan

Harus menjalankan bisnis mereka dengan etika yang tinggi dan kemudian patuh pada peraturan dan norma-norma industri.

11. Kemampuan Manajemen Risiko

Supplier yang baik memiliki kebijakan dan praktik manajemen risiko yang baik untuk kemudian mengatasi potensi masalah yang mungkin timbul dalam rantai pasok.

Berikut adalah lima strategi terbaik dalam mengelola supplier

1. Penilaian dan Seleksi yang Teliti

Mulai dengan melakukan penilaian yang teliti terhadap calon supplier sebelum melakukan kerjasama. Pertimbangkan kualitas produk atau layanan, ketahanan pasokan, kapasitas produksi, dan kepatuhan terhadap standar etika dan keberlanjutan. Pilihlah yang sesuai dengan nilai dan kebutuhan bisnis Anda.

2. Komunikasi Terbuka dan Jelas

Komunikasi yang efektif merupakan landasan hubungan yang baik. Pastikan untuk kemudian memiliki perjanjian yang jelas dan rinci tentang persyaratan pembelian, waktu pengiriman, dan spesifikasi produk. Tetap terbuka terhadap umpan balik dan pertanyaan dari supplier, dan sebaliknya.

3. Penyusunan Kontrak yang Kuat

Penyusunan kontrak yang kuat dan komprehensif sangat penting. Kontrak kemudian harus mencakup semua detail terkait harga, kualitas, waktu pengiriman, dan kondisi pembayaran. Pastikan juga adanya klausa terkait kinerja, ganti rugi, dan penyelesaian sengketa untuk melindungi kedua belah pihak.

4. Pemantauan Kinerja dan Evaluasi Rutin

Pemantauan kinerja secara teratur adalah strategi penting. Evaluasi kinerja kemudian dapat mencakup aspek seperti ketepatan waktu, kualitas produk, dan kepatuhan terhadap persyaratan kontrak. Dengan memantau secara aktif, Anda kemudian dapat mengidentifikasi potensi masalah dengan cepat dan bekerja sama untuk menemukan solusi.

BACA JUGA:  Pahami Syarat Mendirikan PT yang Harus Dipatuhi

5. Pengembangan Hubungan Jangka Panjang

Fokus pada pembangunan hubungan jangka panjang. Ini melibatkan kolaborasi dalam mengidentifikasi peluang perbaikan bersama, berbagi informasi strategis, dan kemudian memberikan insentif untuk kinerja yang baik. Hubungan yang kuat kemudian dapat menciptakan kestabilan dalam rantai pasok dan memungkinkan inovasi bersama.

Tambahan

6. Diversifikasi Pasokan

Pertimbangkan untuk kemudian diversifikasi pasokan Anda dengan bekerja sama dengan lebih dari satu supplier untuk produk atau layanan tertentu. Ini kemudian dapat mengurangi risiko bila terjadi masalah dengan satu supplier dan memberikan fleksibilitas yang lebih besar.

7. Pengintegrasian Teknologi

Manfaatkan teknologi dalam mengelola hubungan. Sistem manajemen rantai pasok yang terintegrasi kemudian dapat memudahkan pemantauan inventaris, penjadwalan pengiriman, dan komunikasi secara real-time.

8. Pelatihan dan Pengembangan Bersama

Dukung pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian mereka. Ini kemudian dapat meningkatkan kualitas produk atau layanan yang diberikan oleh supplier.

Kesimpulan

Pengelolaan yang efektif adalah aspek kunci dari manajemen rantai pasok yang sukses. Dengan melakukan penilaian dan seleksi yang cermat, menjaga komunikasi terbuka, menyusun kontrak yang kuat, memantau kinerja secara rutin, dan membangun hubungan jangka panjang, bisnis kemudian dapat memastikan bahwa rantai pasok mereka berjalan dengan lancar dan efisien.

Strategi tambahan seperti diversifikasi pasokan, pengintegrasian teknologi, dan kemudian pelatihan bersama dapat meningkatkan keberlanjutan dan inovasi dalam hubungan dengan supplier.

Penulis: Diar Ayu, Consultant of D’Consulting Group


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik