Maret 13

0 comments

5 Rekomendasi Bisnis Franchise Makanan Terbaik 2023

Franchise makanan menjadi salah satu pilihan terbaik pengusaha muda di jaman sekarang. Memiliki rencana untuk berbisnis bukan berarti harus merancang produk baru. Sekarang, ada banyak pilihan jenis bisnis yang tidak mengharuskan sobat bisnis melakukan itu. Bisnis franchise makanan salah satunya.

Yuk, kenali apa itu bisnis franchise, apa saja keuntungannya, dan apa saja rekomendasi bisnis franchise makanan terbaik yang bisa sobat bisnis terapkan di tahun 2023.

Apa Itu Bisnis Franchise?

Secara umum dan rinci, bisnis franchise (waralaba) adalah bentuk kerjasama bisnis antara pemilik merek dagang, produk, atau sistem operasional. Kerja sama ini memberikan pihak kedua untuk mendapatkan izin menggunakan merek, produk, dan sistem operasional dalam menjalankan bisnis.

Keuntungan Menggunakan Bisnis Franchise Makanan / Minuman

  1. Dapat memberikan jaringan bisnis yang luas bagi pemilik usaha kecil.
  2. Sobat bisnis tidak terlalu membutuhkan pengalaman bisnis yang memadai untuk menjalankan franchise. Penjual franchise akan memberikan pelatihan yang sobat bisnis butuhkan untuk menjalankan bisnis.
  3. Pebisnis franchise memiliki peluang sukses yang lebih cepat daripada dengan pebisnis yang memulai bisnisnya sendiri dari awal.
  4. Untuk jenis bisnis dengan skala yang sama, sobat bisnis akan membutuhkan dana yang lebih kecil daripada memulai bisnis sejenis sendiri dari awal.
  5. Bisnis franchise umumnya sudah memiliki reputasi yang baik dan citra yang mapan, manajemen dan praktik kerja yang terbukti, akses ke iklan nasional, dan dukungan pekerjaan yang berkelanjutan.

Kelemahan Bisnis Franchise Makanan / Minuman

  1. Kurangnya kontrol dari pemilik franchise atas bisnisnya sendiri. Hal ini karena semua sistemnya telah ditentukan oleh pemilik franchise. Sehingga ruang gerak pembeli franchise akan sangat terbatas. Ide kreativitas terkadang tidak bisa maksimal, karena kesepakatan khusus.
  2. Meskipun franchise memiliki pasar yang matang, pembeli franchise biasanya terjebak dalam tren pasar. Perubahan perilaku konsumen terhadap trend dapat mempengaruhi kondisi bisnis franchise.
  3. Misalnya franchise Thai Tea yang trennya mulai tergerus dan tergantikan dengan minuman campuran, Yakult dan susu gula aren.
  4. Ketergantungan pada reputasi franchise lain. Jika franchise lain melakukan kesalahan yang mengakibatkan rusaknya reputasi, maka hal ini juga akan mempengaruhi franchise yang sobat bisnis kelola.
  5. Pemilik franchise akan mengajukan biaya awal untuk membeli perjanjian franchise. Lalu ada biaya tindak lanjut untuk pelatihan dan dukungan bagi pembeli franchise. Sehingga modanya juga cukup besar.
  6. Ada pemotongan laba. Pembeli franchise memiliki kewajiban untuk membayar royalti dari sejumlah keuntungan. Jika keuntungannya kecil, berarti keuntungan tersebut akan dipotong untuk menutup biaya-biaya tersebut.
BACA JUGA:  Variable Costing: Pendekatan Modern Menghitung Biaya Produksi

Nah dari beberapa keuntungan dan juga kelemahan trsebut, apakah sobat bisnis sudah menentukan untuk membeli bisnis franchise? Jika iya, yuk simak beberapa rekomendasi bisnis franchise makanan terbaik di tahun 2023 berikut ini.

Bisnis Franchise Makanan Terbaik di Tahun 2023

franchise makanan

1. Restaurant – Franchise Makanan Rumah Makan Padang Sederhana

Restoran Masakan Padang Sederhana merupakan salah satu merek franchise yang paling populer di Indonesia. Untuk “mengadopsi” restoran ini, perkiraan modalnya sekitar Rp. 1 miliar dengan franchise fee sebesar Rp. 95 juta.

franchise makanan

2. Ayam – Franchise Makanan D’Kriuk Fried Chicken

Brand franchise fried chicken ini melejit setelah memenangkan battle fried chicken di kanal YouTube Tasyi Athasyia. Sejak saat itu, toko franchise D’Kriuk banyak membuka cabang.

Menurut situs resminya, franchise D’Kriuk memiliki beberapa paket kemitraan, mulai dari Paket Gerobak Hemat, Paket Gerobak Reguler, Paket Hotsnack Hemat, Paket Hotsnack Reguler, Paket Booth hingga Paket Mini Resto. Harga paket kemitraan berkisar Rp. 15 juta menjadi Rp. 90 juta untuk yang paling mahal.

franchise makanan

3. Ayam Geprek – Franchise Makanan Ayam Gepuk Pak Gembus

Orang Indonesia terkenal suka makan makanan pedas. Salah satu menu fenomenal dengan cita rasa pedas adalah ayam geprek. Saking populernya, muncul beberapa spesialis yang akhirnya membuka cabang atau franchise di mana-mana, salah satunya adalah Ayam Gepuk Pak Gumbus.

Jika tertarik untuk bergabung dalam kemitraan franchise Ayam Gepuk Pak Gembus, modal yang harus sobat bisnis keluarkan adalah Rp 35-37 juta untuk wilayah Jadetabek, sedangkan untuk wilayah di luar Jadetabek harganya Rp 40-42 juta.

manis

4. Cemilan – Franchise Makanan Martabak San Fransisco

Jangan salah, martabak juga memiliki merek franchise tersendiri lho. Ya, jajanan manis yang jadi favorit untuk dibawa ke rumah calon mertua ini punya franchise, salah satunya franchise merk Martabak San Fransisco.

BACA JUGA:  Optimasi Proses Bisnis di Era Digital: Tantangan dan Peluang

Brand martabak ini merupakan franchise martabak yang tidak pelit dengan topping. Bagi Anda yang tertarik bergabung dengan franchise Martabak San Francisco, biaya investasi awalnya sekitar Rp 200 juta.

warteg

5. Warteg – Franchise Makanan Warteg Kharisma Bahari

Tahukah kamu bahwa warteg juga memiliki franchise? Yup, Warteg Kharisma Bahari salah satunya!

Warteg biasanya menjadi andalan untuk mendapatkan nasi dan lauk yang enak dengan harga yang murah. Namun, siapa sangka biaya untuk membeli franchise Warteg Kharisma Bahari sama sekali tidak murah. Modalnya berkisar antara Rp140 juta hingga Rp448 juta.

Itu dia 5 rekomendasi fracnshise makanan terbaik di tahun 2023. Gimana sobat bisnis, apakah anda sudah menentukan pilihan franchise makanan apa yang ingin anda beli?


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, ideusaha, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang


You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top

SIAP KEMBANGKAN BISNIS!

Otomatisasi Bisnis dengan Metode PSF

Sudah bukan jamannya bisnis malah bikin stres..

Hari
Jam
Menit
Detik