Maret 8

0 comments

5 Masalah Utama Dalam Inventory Management Dan Cara Mengatasinya

Inventory management bukanlah hal yang sederhana. Selain itu, menjadi seorang manager inventory merupakan tantangan yang cukup sulit. Inventory Management atau bisa disebut juga warehouse management system (WMS) yang baik akan membuat produk yang keluar-masuk pada gudang persediaan akan lebih efektif.

Hal ini merupakan faktor penting dalam melayani pelanggan dan mengamankan peningkatan margin keuntungan perusahaan. Keuntungan dalam pengelolaan gudang yang baik ini adalah ketika operasional gudang berjalan dengan lancar, maka perusahaan akan mencegah kekurangan dan penundaan barang di gudang.

Dalam pengelolaan Inventory Management ini bukannya tanpa masalah. Namun untuk mengetahui apa yang akan menjadi akar masalah dan bagaimana penyelesaiannya pada artikel ini Anda akan belajar dan kemudian dapat menghindari permasalahan yang dapat timbul atau sering terjadi didalam pengelolaan sebuah gudang perusahaan.

5 Permasalahan dalam Inventory Management

manajemen gudang

Berikut ini adalah 5 permasalahan utama pada Inventory Management yang wajib Anda ketahui dan bagaimana cara penyelesaiannya.

1. Akurasi Pencatatan Persediaan Barang di Gudang

Dalam hal ini, penting untuk menjaga perhitungan stok barang di gudang secara akurat dan berkelanjutan. Dengan kata lain, ini adalah salah satu masalah yang paling menantang dalam mengelola sistem pada gudang.

Dan yang menjadi akar dari masalah adalah human error atau kesalahan perhitungan. Selain itu juga manajer dapat melakukan kesalahan pencatatan dalam mengelola gudang.

Perhitungan awal, perhitungan stok regular, atau keselahan dalam pengambilan pesanan dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam perhitungan dan berpengaruh pada manajemen sistem gudang Anda.

Hal seperti ini dapat saja terjadi karena kurangnya pengalaman dan pengetahuan dalam pengelolaan gudang. Sehingga gudang Anda dapat menghindari kesalahan-kesalahan kecil yang akan membuahkan suatu permasalahan yang besar.

BACA JUGA:  Cara Stock Opname Praktis Pada Bisnis Kuliner
manajemen gudang

Adapun beberapa strategi dalam menerapkan pengelolaan gudang dalam mengatasi masalah di atas, yaitu:

  • Pelatihan intensif setiap pekerja gudang, terlepas dari apapun background pendidikan mereka supaya lebih memiliki pengetahuan dalam pengelolaan gudang dengan baik dan benar.
  • Memberikan arahan serta informasi tentang bagaimana suatu sistem pada gudang itu berjalan, sehingga pekerja dapat mengetahui apa yang mereka kerjakan dan apa saja dampaknya pada sistem gudang.
  • Menggunakan software inventory untuk mempermudah dan memperkecil tingkat kesalahan oleh karyawan.
  • Mencari perbedaan stok barang pada pencatatan. Dalam banyak kasus perbedaan stok barang yang terjadi karena ada barang yang berada tidak pada tempatnya.
  • Persingkat waktu perhitungan untuk meningkatkan real time data stok barang di gudang

2. Tata Letak Gudang yang Efisien

manajemen gudang

Tata letak barang di gudang seperti pisau bermata dua yang apabila Anda dapat mengaturnya dengan baik akan mempercepat proses operasional pada gudang dan pada lain sisi apabila tata letak gudang Anda tidak baik akan melumpuhkan secara perlahan proses operasional gudang.

Desain tata letak gudang yang standar harus disesuaikan dengan manajemen sistem yang Anda terapkan pada gudang. Setiap perusahaan dapat menentukan kebutuhannya sendiri terkait dengan aksesibilitas stok produk pada gudang.

Item produk yang paling sering terjual harus mudah di akses untuk memfasilitasi pengambilan dan pengiriman yang cepat. Barang-barang ini harus tersimpan di depan, sehingga forklift tidak harus melakukan perjalanan yang cukup jauh ke area barang tersebut untuk menjangkaunya.

Pengkategorian barang umumnya juga membutuhkan perlakuan yang khusus sehingga meminimalkan kesalahan dan meningkatkan keakuratan pencatatan.

3. Lokasi Persediaaan

manajemen gudang

Menyediakan lokasi inventaris yang tepat dapat menjadi cara penting untuk menerapkan management inventory yang baik dan operasional gudang secara keseluruhan.

BACA JUGA:  BISNIS ONLINE : Menelusuri SOP Penjualan pada Platform Marketplace

Masalah lokasi inventaris umumnya akan berkembang seiring dengan waktu, karena produk baru akan menambah ke inventaris, dan ketersediaan ruang mulai memberlakukan lebih banyak Batasan.

Namun, kegagalan untuk menyiapkan sistem lokasi inventaris yang efisien dapat memperlambat operasional pada tingkat yang akut atau mengkhawatirkan, yang juga berdampak pada masalah pasokan dan pengiriman.

Menata ulang tata letak dan memastikan akses mudah kepada barang yang paling popular/fast moving sehingga dapat membantu menjaga perputaran barang dan mengalir secara efisien.

4. Pengoptimalan Proses Picking pada Inventory Management

manajemen gudang

Picking adalah proses menyiapkan barang sesuai dengan surat order dan menempatkan pada lokasi keberangkatan yang tepat. Proses ini sangatlah penting karena akan menentukan benar tidaknya barang yang akan di kirim dan tujuan yang sesuai.

Terkadang beberapa permasalahan terjadi pada proses ini akibat kesalahan selama menerima atau pencatatan order.

Software inventory management memang akan membantu dalam proses ini  namun beberapa kegiatan yang terjadi kadang harus tetap ada dukungan pencatatan manual.

Terlepas dengan software inventory management apa yang bermanfaat dan dapat membantu mempermudah perkerjaan digudang, bagian terpentingnya adalah memastikan operasional yang terjadi di gudang Anda sudah mengikuti alur sistem yang berlaku.

Salah satu cara untuk menghindari kesalahan dalam proses picking ini adalah meningkatkan fokus dan lebih cermat lagi. Cara ini berlaku dalam proses pencatatan untuk menjaga sistem tetap akuran dan valid.

5. Fungsi Quality Control

manajemen gudang

Dalam banyak kasus, pekerja yang bertanggung jawab atas beberapa pekerjaan sekaligus. Seperti halnya melakukan pengambilan barang, pengepakan, dan pengiriman barang, akan beresiko sangat besar dan kesalahan akan sangat sulit terdeteksi. Khsususnya apabila dia juga yang melakukan pencatatan dan pelaporan data.

BACA JUGA:  2 Penyakit Utama Ini Bisa Membunuh Bisnis Retail Kurang Dari 1 Tahun

Apabila memungkinkan, miliki juga quality control yang terpisah untuk memastikan inventory management dan masalah supply chain menjadi lebih baik dan akurat. Tingkat otoritas yang terpisah ini sering kali dapat memberi motivasi untuk pengelolaan masalah manajemen gudang sehingga mendorong akuntabilitas.

Adanya quality control salah satu tugas terpentingnya juga akan memastikan sistem minventory management Anda berjalan dan berfungsi sebaimana mestinya.


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online


You may also like

Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Karyawan Perusahaan Anda

Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Karyawan Perusahaan Anda

Cara Menentukan Gaji Karyawan Yang Adil dan Sejahtera

Cara Menentukan Gaji Karyawan Yang Adil dan Sejahtera
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top