Oktober 13

0 comments

5 Keutamaan Menerapkan Siklus Akuntansi Pada Bisnis Anda

Tidak adanya pengetahuan mengenai keuangan dalam bisnis bisa membuat bisnis runtuh bahkan sebelum berkembang. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai peran siklus akuntansi dalam perencanaan dan pengembangan bisnis simak artikel berikut ini.

Sejalan dengan perkembangan dunia usaha, banyak berdiri bentuk- bentuk usaha baik yang berskala kecil, menengah sampai berskala besar. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu kekuatan pendorong terdepan dalam pembangunan ekonomi. Gerak sektor UKM amat vital untuk menciptakan pertumbuhan dan lapangan pekerjaan.

UKM cukup fleksibel serta dapat dengan mudah beradaptasi dengan pasang surut dan arah permintaan pasar. Mereka juga menciptakan lapangan pekerjaan lebih cepat dibandingkan dengan sektor usaha lainnya, dan mereka cukup terdiversifikasi serta memberikan kontribusi penting dalam ekspor dan perdagangan.

Namun UKM ini sangat rawan terjadi permasalahan beraneka ragam yang berasal dari satu sumber permasalahan, yaitu pengelolaan keuangan. Pemilik belum mengetahui tentang adanya Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik, hal ini dikarenakan kurangnya sosialisasi oleh pihak terkait yang berdampak belum sepenuhnya Usaha Kecil Menengah memahami dan mengerti Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik pada laporan keuangannya.

siklus akuntansi

Pentingnya Siklus Akuntansi

Siklus akuntansi umumnya dilakukan oleh suatu perusahaan atau organisasi untuk menghasilkan informasi keuangan. Dalam pembuatannya ada beberapa tahapan yang dilakukan secara runtut dan berulang-ulang.

Nama siklus berasal dari suatu kegiatan yang perusahaan lakukan secara berulang-ulang. Artinya aktivitas siklus akuntansi terjadi dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya, kemudian kembali lagi dari siklus awal.

Proses tersebut membutuhkan tahapan yang panjang mulai dari transaksi, pencatatan jurnal, posting di buku besar, menyusun neraca saldo, jurnal penyesuaian, lembar kerja, pembuatan laporan keuangan, jurnal penutup, neraca setelah penutupan, dan pembuatan jurnal pembalik.

Perlu Anda catat bahwa proses akuntansi melibatkan pencatatan, pengklasifikasian, dan pelaporan transaksi keuangan. Kegiatan yang perusahaan lakukan dalam jangka waktu tertentu kami sebut siklus akuntansi.

Untuk waktu pembuatannya tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan atau organisasi. Namun, biasanya terjadi selama periode tahunan.

Proses penyusunan pada siklus ini membutuhkan data-data yang nantinya akan menjadi bahan untuk membuat laporan keuangan. Semuanya akan menjadi proses pembuatan laporan keuangan dalam jangka waktu tertentu dan dapat menjadi pertanggungjawaban perusahaan. Berikut adalah manfaat dari siklus yang dapat Anda pahami:

siklus akuntansi

Sebagai Penyedia Informasi

Dari proses dan pembuatannya, kita dapat melihat bahwa penerapan siklus akuntansi berfungsi sebagai penyedia informasi bagi para pengambil keputusan seperti manajer, direktur atau pemilik perusahaan.

Keberadaan seorang akuntan dalam suatu perusahaan atau bisnis akan dengan mudah memperoleh informasi mengenai kas dan aset yang perusahaan miliki tersebut.

Laporan keuangan yang memuat informasi keuangan perusahaan menjadi kebutuhan berbagai pihak terkait, baik internal maupun eksternal, seperti manajer dan pemerintah. Hal ini menjadi dasar pengambilan keputusan pada perusahaan yang bersangkutan.

Membuat Pekerjaan Mudah

Dengan pembuatan laporan yang terorganisir dengan baik akan membantu mempermudah pekerjaan akuntansi. Selain itu, siklus ini juga sangat membantu untuk berpikir sistematis dalam memahami suatu proses pembuatan laporan keuangan atau informasi akuntansi.

Fungsi dan peran akuntansi untuk bisnis adalah untuk memudahkan perusahaan dalam memantau dan mengontrol persediaan. Dengan akuntansi, perusahaan juga dapat merencanakan dan memproyeksikan bisnis masa depan, baik bulanan maupun tahunan. Hal ini menjadi dasar pengembangan usaha yang efektif dari perencanaan yang tepat berdasarkan laporan akuntansi.

Mengetahui Kondisi Perusahaan

Adanya siklus akuntansi akan memberikan gambaran yang jelas tentang kondisi perusahaan dari satu periode ke periode berikutnya. Fungsi akuntansi dalam bisnis adalah sebagai alat evaluasi terhadap kinerja perusahaan dalam satu periode.

Melalui laporan keuangan maka perusahaan dapat melihat kekurangan-kekurangan yang perusahaan lakukan sehingga bisa melakukan perbaikan di periode berikutnya.

Tingkatkan Keuntungan

Dalam siklus ini setiap saat perusahaan akan mendapatkan gambaran nyata dari laporan keuangan. Dengan adanya inovasi-inovasi baru yang berjalan tentunya akan meningkatkan kemampuan untuk menghasilkan keuntungan.

Dari siklus akuntansi dalam suatu bisnis dapat mengetahui keuntungan dan kerugian dalam perusahaan ketika menjalankan aktivitasnya. Meskipun rencana yang matang bukan berarti bisnis selalu berjalan dengan aman, namun banyak kendala yang datang di luar rencana yang telah Anda rumuskan. Untuk mengetahui keadaan laba rugi perusahaan, sangat penting keberadaan akuntansi ini.

Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban

Tidak hanya bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan suatu perusahaan, laporan keuangan yang menjadi hasilnya juga bermanfaat sebagai pertanggungjawaban kepada stakeholders.

Peran siklus akuntansi juga tentunya menjadi kebutuhan seorang manajer sebagai pihak internal dalam suatu perusahaan.

Akuntansi sangat penting sebagai dasar dalam perencanaan bisnis untuk mencapai keuntungan atau tujuan bisnis. Peran akuntansi bagi manajer adalah sebagai alat untuk mengevaluasi pencapaian perusahaan dan melakukan koreksi berdasarkan informasi keuangan.

Apa yang perlu Anda lakukan?

Dari semua manfaat yang kami berikan, proses penyusunan laporan keuangan tentunya Anda buat sesuai dengan prinsip dan aturan dalam akuntansi. Karena nantinya hasil laporan keuangan tersebut Anda informasikan kepada publik dan harus di pertanggungjawabkan.

Anda perlu untuk memahami siklus akuntansi lebih dalam agar dapat mengondisikan dan mengontrol proses membuat laporan keuangan di perusahaan Anda. Tenang tak perlu bingung belajar dari mana! Kami sediakan video untuk mempelajari siklus akuntansi secara lengkap. Video ini dapat Anda tonton secara GRATIS. Anda dapat menonton video tersebut di bawah ini.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

5 Cara Mengelola Keuangan Untuk Meningkatkan Profit Perusahaan Anda

5 Cara Mengelola Keuangan Untuk Meningkatkan Profit Perusahaan Anda

5 Langkah Efektif Membuat Standar Operasional Prosedur (SOP)

5 Langkah Efektif Membuat Standar Operasional Prosedur (SOP)
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top
Jakarta OfficeSurabaya OfficeInstagramFacebookYouTube