Juni 14

0 comments

5 Hal Penting dalam Bisnis Tentang Laporan Perubahan Ekuitas

Laporan perubahan ekuitas yang juga disebut laporan perubahan modal adalah laporan keuangan yang harus di siapkan oleh perusahaan Bersama dengan dokumen keuangan lainnya di akhir periode pelaporan.

Laporan perubahan ekuitas ini mencerminkan modal perusahaan, laba yang  di peroleh, deviden, arus kas modal,penarikan modal, laba bersih,dan sebagainya. Ekuitas atau modal di artikan sebagai uang yang di investasikan oleh pemilik perusahaan termauk semua akumulasi pendapatannya.

Sementara laporan perubahan ekuitas adalah laporan yang harus di siapkan oleh perusahaan bersama dengan dokumen keuangan penting lainnya pada akhir periode akuntansi.

laporan perubahan ekuitas

5 Poin Terkait Laporan Perubahan Ekuitas

Berikut 5 Hal yang perlu anda ketahui tentang laporan perubahan ekuitas :

1. Modal Awal

Modal awal merupakan modal investasi pada usaha yang di keluarkan pada saat memulai suatu usaha. Perlu Anda ketahui bahwa modal awal ini dapat mengalami penambahan ataupun pengurangan dari tahun ke tahun bahkan ada yang hanya dalam hitungan bulan.

Angka pada Modal awal ini di pengaruhi oleh beberapa aspek seperti seberapa besar laba yang di dapatkan oleh perusahaan pada bulan tersebut atau seberapa besar kerugian yang di tanggung oleh perusahaan saat itu. Sehingga akan mengalami perubahan di modal awalnya tersebut.

Di laporan perubahan Ekuitas penting untuk mengetahui apa itu modal awal supaya tidak salah memahaminya. Sehingga saat membuat laporan perubahan ekuitas anda dapat mengetahui dari mana asal dari modal awal tersebut

2. Laba ditahan

Laba di tahan adalah jenis laba hasil penjualan barang dan jasa yang kemudian di bagikan sehingga juga menjadi tambahan bagi para pemegang saham. Dan laba di tahan adalah jumlah nominal uang yang dapat di pakai untuk membagikan deviden.

BACA JUGA:  Forecasting: Tips Meramalkan Penjualan di Periode Berikutnya

Pada laba di tahan ini merupakan akumulasi dari laba di tahan dari bulan ke bulan maupun tahunan. Beberapa hal yang mempengaruhi dari laba di tahan yaitu penutupan saldo rekening ikhtisar laba/rugi. Distribusi yang di tujukan untuk para pemegang saham,koreksi laporan periode sebelumnya dan penyisihan laba di tahan.

3. Laba ditahan periode terkait

Pada laba di tahan periode terkait ini merupakan laba di tahan saat periode tersebut, yang mana laba di tahan ini di dapatkan dari laba bersih dari hasil penjualan barang dan jasa pada saat periode akuntansi saat itu atau satu bulan periode akuntansi.

Bedanya dengan laba di tahan sebelumnya laba di tahan ini tidak di dapat dari akumulasi laba bersih periode-periode sebelumnya melainkan laba yang di dapat pada saat satu periode akuntansi itu saja.

4. Deviden

Deviden memang sering sekali kita dengar pada saat anda mempelajari tentang investasi, terutama saat investasi saham. Namun kita artikan deviden merupakan sebuah istilah yang digunakan dalam investasi saham yang merujuk kepada laba bersih dari sebuah perusahaan.

Nantinya dalam kurun waktu tertentu laba bersih atau deviden tersebut akan di bagikan kepada investor atau pemegang saham. Namun dalam pembagiaanya ada syarat yang perlu di setujui terlebih dahulu dalam RUPS atau Rapat umum pemegang saham.

Secara umum deviden ini di bagi per satu tahun. Meskipun terkesan memiliki sebuah ketetapan, nyatanya ada resiko deviden tidak di bagi dalam satu tahun sekali.

Salah satu faktornya deviden tidak di bagikan biasanya karena kondisi keuangan dari perusahaan kurang baik atau mengalami kerugian. Maka laba bersih yang di dapatkan perusahaan pada tahun tersebut akan jadi laba di tahan hingga kondisi keuangan membaik.

BACA JUGA:  Fungsi Laporan Perubahan Modal Buat Pengusaha

Deviden sendiri dalam pembagiannya ada beberapa jenis seperti deviden tunai,deviden saham,deviden property dan juga deviden janji hutang.

5. Modal Akhir

Modal akhir merupakan jumlah akhir dari modal awal di tambah dengan keuntungan atau kerugian dari perusahaan. Manfaat dari menghitung modal akhir adalah dapat membantu ana mengetahui berapa besar banyak jumlah modal masuk yang dapat membantu kelangsungan usaha, sebagai salah satu sumber informasi perihal keuangan dan stabilitas usaha.

Serta sebagai tolak ukur untuk menganalisis dan mengevaluasi keuangan suatu perusahaan. 5 hal di atas merupakan hal yang perlu anda ketahui di laporan perubahan ekuitas karena jika anda mengetahui  hal di atas anda dapat Menyusun laporan perubahan ekuitas dengan benar dan mengetahui asal dari beberapa hal tersebut.


Tags

akuntansi, arus kas, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal, online, peluang, promosi


You may also like

Tips Jitu Menjalankan Bisnis Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Tips Jitu Menjalankan Bisnis Usaha Makanan Ringan Serba 2000

Perhitungan BEP (Break Even Point) Yang Tepat Untuk Pemula

Perhitungan BEP (Break Even Point) Yang Tepat Untuk Pemula
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top