Juni 23

0 comments

3 Kunci Sukses Franchise Teh Poci Membangun Sistem

Pernah minum Teh? Kebanyakan orang pasti sudah sering meminum Teh, namun Teh ini tidak kalah melejitnya di telinga para pebisnis dan konsumen yang ada di Indonesia. Nah guys kali ini saya akan menuliskan beberapa trik dan tips untuk menerapkan SOP di Franchise Teh Poci.

Bagaimana sih mereka kok bisa membuat franchise / waralaba yang bisa melebar hampir di penjuru Indonesia. Dalam hal menerapkan Standart Operasional Procedure (SOP), anda harus paham terkait pembuatan SOP itu dulu dan merasakan disetiap divisi jika SOP itu berjalan. Serta membantu control dan pengendalian setiap divisi agar perusahaanmu terhindar dari namanya kecurangan atau blunder management.

Franchise Teh Poci sering terdengar di kalangan milenila karena Teh Poci memiliki konsep pemasaran yang baik karena salah satu nya ada SOP, pemasaran tidak bisa baik jika tidak memiliki SOP didalam SOP bisa di isikan beberapa cara atau Intruksi Kerja dan karena penerapan standart operasional nya sangatlah mudah dipahami dan minimalisir dari kecurangan setiap divisi.

Begitu sering kita jumpai di plaza mall Teh Poci ini dan mudah kita cermati siklus transaksinya seperti cara mereka menerima order, cara membuat minuman dan banner dalam menyampaikan promo.

Dengan sistem Full Service atau pelayanan yang full di layani oleh pegawai maka timbulah yang namanya kenyamanan untuk makan dan minum, serta mereka juga cermat dalam pengembangan waralaba nya karena memiliki tim yang kompeten juga.

3 Tips ampuh dalam menerapkan SOP di Franchise Teh Poci

franchise teh poci

1. Segala Jenis Transaksi Mudah Di Pahami

Siklus transkasi adalah awal di mana pengusaha teh poci menerima order, membuat dan menyerahkan ke pelanggan dengan sistem operasional yang baik. Bayangkan jika kita tidak ada terima sistem order dengan baik, seperti orang jualan di pasar mekanismenya hanya jual dan beli tidak memperhatikan pelayanan.

Di satu sisi sistem penerimaan adalah tonjolan awal baik untuk pelanggan. Selain itu ada lagi siklus transaksi pembuatan order (buat recept minuman) dengan adanya panduan pembuatan recept minuman maka akan mudah bukan untuk pegawai kita dalam mengerjakannya.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Barang Yang Tidak Laku dan Expired

Tidak perlu pusing jika pegawai ada yang resign, cukup membaca dan menghafal setiap takar dalam pembuatan minuman Teh Poci. Dan yang terakhir sistem delivery order customer atau penyerahan pesanan minuman ke pelanggan.

Jika kita ke gerai Teh Poci setiap kita pesan akan menunggu 15-20 menit setiap pembuatan minum dan makananya setelah itu pesanan kita akan di antar di hidangkan di depan meja kita. Karena Teh Poci menggunakan sistem Full Service jadi segala jenis permintaan pelanggan hanya memanggil pegawai tersebut sudah bisa memesan di tempat meja pelanggan.

Sangat mudahkan jika kita memiliki sistem seperti itu maka bisnis Franchise Teh Poci bisa menjadi autopilot berkat penerapan SOP sederhana sebagai media pelaksana dalam usahanya

2. Terhindar dari kecurangan management atau karyawan

Kecurangan itu mesti ada cuman kita nya nih management yang harus pro aktif untuk mengidentifikasi, mengendalikan dan mengontrol setiap aktivitas usaha. Kalau kita sebagai usaha asal beli atau asal jual tanpa standart pelakasanaan yang baik maka jangan harap bisa membuka cabang dengan management yang berintergritas.

Karena jika tidak ada SOP seakan usaha berjalan namun tanpa rambu – rambu. Tujuan dari menerapkan SOP adalah terhindar dari cost atau biaya yang terlalu besar dan tidak bisa di indentifikasi. Hanya muncul angka besar yang kita pun tidak tahu penyebabnya apa.

Coba anda menerapkan nya perlahan-lahan dari sistem jual nya dulu atau penggunaan atribut setiap hari nya. Kita mulai standart dari yang paling kecil dulu. Jangan terlalu banyak alasan untuk tidak bisa menerapkan SOP.

Pentingnya SOP

Di Teh Poci pun SOP sangatlah perlu di mana mengurangi fraud jumlah takar minuman yang berlebih, pembelian bahan ke supplier yang berlebih. Sehingga banyak barang expired pun yang pegawai pun hanya bilang stock habis karena expired itu bukanlah solusi. Maka dengan SOP dan penganggaran stock yang baik maka usahapun terkendali.

Karena apa Teh Poci sudah memprediksi pelanggan sepi ramai nya bisa di prediksikan. Sehingga barang terkurang dari expired, nah itu dari sistem pembeliannya, kalau dari sistem penjualannya bagaimana kecurangan bisa terjadi?

BACA JUGA:  Teknik Pengarsipan Dokumen Usaha Yang Tepat Mudah

Semua kecurangan bisa terjadi jika tidak ada sistem terima order dari kasir yang harus bayar dulu, kenapa kok bayar dulu. Karena management memperhitungkan dari proses pembuatannya berapa menit. Bayangkan jika 10-15 menit pelanggan menunggu lama terus di tinggal. Akibatnya loss bill atau kehilagan pembayaran karena bahan sudah siap di sajikan namun duit belum di terima.

Bisa jadi rugi 2x lipatkan, sudah buat pakai bahan yang kita beli terus pelanggan belum bayar. Nah guys di situlah letak point. Di mana kecurangan itu terjadi sigaplah dalam membuat usaha, bukan berarti kita takut usaha karena belum punya SOP ya. Justru dari itu kita harus membuat SOP agar pengusaha bisa mempehitungkan nilai – nilai uang nya tercantum di mesin kasir.

3. Memperkuat Tim dan Divisi

Sebelum masuk ke divisi kita harus tahu alur bisnis food & beverages. Bagaimana cara penjualan atau gimana cara pembelian dan gimana sih cara penyimpanan barang agar terhindar dari barang waste atau expired.

Jika kita sudah memahami maka kita perlu yang namanya membentuk divisi di dalam perusahaan. Nah sekarang pertanyaan terdapat divisi apa aja di dalam bisnis food & beverages?

Yuk kita belajar bareng – bareng, di dalam bisnis retail ada yang namanya kasir, ya nama itu tidak asing. Kasir adalah transaksi terakhir ketika kita melakukan pembayaran atas belanja yang kita inginkan, namun tidak hanya itu saja.

Ada juga nama divisi purchasing atau pembelian itu merupakan salah satu metode untuk mendapatkan barang atau supply ke supplier atau vendor dengan barang yang kita minta. Dan barang yang tadi kita pesan ke supplier akan datang ke tempat penyimpanan barang atau di sebut dengan gudang.

Nah di gudang tersebut terdapat namanya tim gudang atau bagian gudang yang tugasnya management gudang memilah mana barang fast, slow, atau barang mudah expired atau barang mati. Dan yang harus di miliki adalah bagian keuangan atau akuntansi sebagai control atau pengendalian internal untuk pembukuan. Fungsinya sangatlah luas bisa di gunakan sebagai pedoman omset atau anggaran biaya yang terkadang membuat perusahaan boros.

BACA JUGA:  Cara Menentukan Gaji Karyawan Yang Adil dan Sejahtera

Dan jika ada HRD maka perusahaan akan tertib dan SDM bisa termonitoring sesuai kaidah yang di harapkan perusahaan. Nah itu penjelasan divisi  apa saja yang perlu di ketahui dalam bisnis retail.

Tips Membentuk Tim

Sekarang pertanyaan berikutnya gimana sih gaes membentuk divisi atau tim yang handal? Pertama di setiap divisi harus paham tugas nya dalam beraktivitas setiap hari nya tidak asal. Misal kasir hanya untuk terima uang dan kembali uang, bukan itu saja namun juga ada opening dan closing.

Setiap divisi harus ada brieafing, opening dan closing agar info antar divisi tersampaikan dan rencana kerja setiap hari harus ada. Kedua SOP di jalankan dan ada indikator keberhasilan setiap SOP yang ada di divisi masing – masing. Ketika memiliki tim atau divisi kita harus di bekali dengan Rencana Kerja dan SOP Setiap divisi mempermudah management controling aktivitas perusahaan.

So sampai di sini paham kan bagaimana membuat tim yang handal dan kompetitif dalam bekerja. Begitulah 3 Tips ampuh dalam menerapkan SOP di Franchise Teh Poci. Sehingga perusahaan secara laporan kinerja perusahaan bisa tumbuh baik dan terkendali.

Kesimpulan

Kesimpulannya setiap kegiatan usaha apalagi franchise harus ada penerapan standart operasional prosedure ibarat kereta api dan rell. Apabila kita memiliki gerbong kereta maka juga harus di tuntun dengan kepala kereta / tenaga kereta. Namun kereta harus memiliki alur yaitu rell sebagai landasan kereta berpacu. Seperti itulah usaha kita memiliki divisi maka kita juga harus memiliki kepala dan landasan alur standart untuk mengontrol aktivitas kegiatan divisi. Terimakasih dan Salam Autopilot


Tags

akuntansi, arus kas, bayar pajak, biaya, bisnis, bisnis online, bisnis untung, cafe, cara, finance, franchise, grosir, harga, jurnal, karyawan, kena pajak, keuangan, keuntungan, kuliner, laba rugi, lapor pajak, laporan, laporan keuangan, mengatur keuangan, modal


You may also like

Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Karyawan Perusahaan Anda

Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Karyawan Perusahaan Anda

Cara Menentukan Gaji Karyawan Yang Adil dan Sejahtera

Cara Menentukan Gaji Karyawan Yang Adil dan Sejahtera
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

You might also like

Top